Tampol Ahli Hukum, Mahfud MD: Banyak yang Tahu Hukum Tapi Tidak Mau

- 21 Desember 2021, 19:20 WIB
Menteri Koordinator Polhukam, Mahfud MD / Instagram @polhukamri/
Menteri Koordinator Polhukam, Mahfud MD / Instagram @polhukamri/ /

 

GALAMEDIA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berbagi ilmu politik hukum dalam seminar nasional yang diselenggarakan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Apa yang akan dibuat pada suatu kebijakan itu namanya politik hukum untuk mencapai tujuan negara," kata Mahfud MD saat menjadi pembicara utama seminar nasional bertajuk "Politik Hukum dalam Reformasi Sistem Peradilan di Indonesia" di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa, 21 Desember 2021.

Mahfud mencontohkan pembuatan aturan atau tata cara pemilihan umum, hal itu termasuk dalam kajian politik hukum yang tak hanya yuridis normatif, namun jauh lebih kompleks dipadukan dengan ilmu politik.

Sebagai guru besar Hukum Tata Negara dengan fokus pada bidang politik hukum, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu berharap ilmu politik hukum dapat terus dikembangkan para akademisi di Indonesia yang pada akhirnya membantu kemajuan bangsa.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Berondong Luhut Binsar Pandjaitan, Fadli Zon Turut Bersuara

Disebutkan, budaya hukum di Indonesia saat ini banyak yang tahu dengan hukum. Namun, kata dia, tidak tunduk dengan hukum.

Hal ini dikarenakan hukum dianggap hanya aturan resmi, padahal adanya hukum terinspirasi dari nilai agama, moral, etika dan lain sebagainya.

“Kalau mau tapi tidak tahu juga tidak sadar hukum, karena yang dilakukan tanpa kesadaran apa-apa, kan itu budaya hukum kita. Banyak yang tahu hukum tapi tidak mau,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW IKA UII Kalsel, Prof Abdul Halim Barkatullah mengucap syukur dan berterimakasih kepada keluarga besar yang tergabung dalam DPW IKA UII Provinsi Kalsel.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x