Cegah Pungutan Liar Tim Saber Pungli Garut Sosialisasikan di Lingkungan Pendidikan dan Pemerintahan

- 30 Desember 2021, 21:13 WIB
Pelaksanaan sosialisasi oleh Tim Satgas Saber Pungli yang dilaksanakan di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Kamis 30 Desember 2021.
Pelaksanaan sosialisasi oleh Tim Satgas Saber Pungli yang dilaksanakan di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Kamis 30 Desember 2021. /Agus Somantri/Galamedia/

GALAMEDIA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Garut, melakukan sosialiasi tentang tugas pokok dan fungsi dari Tim Saber Pungli kepada Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kadungora dan Leles, Kamis 30 Desember 2021.

Ketua Kelompok Kerja Pencegahan, Tim Satgas Saber Pungli Garut, Muksin, mengatakan, pembentukan tim ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Garut Nomor 700/KEP.270-INSP/2021 Tentang Pembentukan Unit Satgas Saber Pungli Tingkat Kabupaten Garut.

"Tim Satgas Saber Pungli ini memiliki tugas untuk melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien, dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah." ujarnya, Kamis 30 Desember 2021.

Menurut Muksin, tim satgas ini memiliki 4 fungsi utama yakni fungsi intelejen, pencegahan, penindakan, dan yustisi. Adapun sasarannya, terang Muksin, adalah di sentra pelayanan publik, di pemerintah daerah.

Baca Juga: RSUP Kariadi Semarang Kebakaran, Petugas Pontang Panrting Selamatkan Pasien

Ia menyebutkan, Satgas Saber Pungli ini diisi personal-personal dari pemerintah kabupaten, Polres, Kejaksaan Negeri (Kejari), dan juga Destasemen Polisi Militer (Denpom).

Muksin berharap, dengan adanya Tim Satgas Saber Pungli ini mampu menghasilkan pemerintah daerah yang terbebas dari unsur-unsur koruptif, seperti pungutan liar (pungli) dan lainnya.

Baca Juga: Anjurkan Ganjar Pranowo Jadi Gubernur DKI Jakarta, Hendri Satrio: Eh Makin Protes, Kan Gue Bingung

"Jadi adanya Saber Pungli ini diharapkan bahwa pemerintah ya, khususnya pemerintah daerah ini, jadi pemerintahan yang bersih melayani, dan jauh dari unsur-unsur koruptif atau seperti pungutan liar, dan lain-lain seperti itu," ucap Muksin yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut tersebut.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x