Bertugas di Pemkot Cimahi, 98 CPNS Menerima SK Pengangkatan PNS

- 7 Februari 2022, 20:44 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menyerahkan SK Pengangkatan PNS Formasi Tahun 2019 di Gedung Cimahi Technopark Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Senin (7/2).
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menyerahkan SK Pengangkatan PNS Formasi Tahun 2019 di Gedung Cimahi Technopark Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Senin (7/2). /Laksmi Sri SundariGalamedia/
GALAMEDIA - Sebanyak 98 orang menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.
 
SK Pengangkatan PNS tersebut secara simbolis diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana di Gedung Cimahi Technopark Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Senin  7 Februari 2022.
 
Sebelum menerima SK pengangkatan PNS, mereka sudah menjalani beberapa tahapan, seperti prajabatan, tes kesehatan, dan sumpah janji. Mereka diangkat  menjadi PNS  terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Desember 2021.
 
 
"PNS yang  hadir hari ini, merupakan CPNS formasi tahun 2019 yang telah mengucapkan sumpah atau janji, sebagai salah satu kewajiban bagi setiap aparatur sipil negara yang akan diangkat menjadi PNS," ujar Ngatiyana.
 
Menurutnya, sumpah atau janji yang telah diucapkan pada hakekatnya merupakan kesanggupan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa, untuk setia serta taat terhadap Pancasila, UUD 1945, dan pemerintah untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintah yang baik dan berdaya guna, untuk mendorong terciptanya pemerintahan yang good governance.
 
"Sebagai PNS harus mampu menunjukkan komitmen dan tanggung jawab moral, terhadap konsekuensi dari pengangkatan menjadi PNS pada Pemkot Cimahi, sekaligus menjadi rambu-rambu terhadap tindakan sebagai aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," kata Ngatiyana.
 
 
Dalam kesempatan tersebut, Ngatiyana mengingatkan kepada para PNS yang baru mendapat SK pengangkatan ini jika diluar sana banyak sekali masyarakat yang bercita-cita berada di posisi sebagai PNS, namun tidak semua dapat memperoleh kesempatan tersebut. 
 
"Oleh karena itu, wujudkanlah rasa syukur saudara atas amanah yang diemban ini, dalam bentuk semangat dan kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan, sejalan dengan tuntutan publik akan kinerja aparatur sipil negara yang profesional, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap PNS untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya," tuturnya. 
 
Hal ini juga sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menggeser paradigma masyarakat terhadap birokrasi dalam layanan publik pemerintah yang selama ini dirasa kurang. 
 
 
"Untuk itu saya berpesan kepada saudara untuk ikut membangun dan menjaga citra positif PNS Kota Cimahi dengan bekerja sebaik-baiknya, saudara harus mampu menunjukkan figur PNS yang berkualitas dan profesional. Selain itu saudara adalah calon-calon pemimpin atau pejabat di masa depan, untuk itu tunjukkan kredibilitas selama bekerja, sehingga akan memperluas peluang untuk meningkatkan karir ke jenjang selanjutnya, menjadi pejabat atau pemimpin instansi dengan kompetensi dan profesionalisme yang baik," beber Ngatiyana.
 
Dijelaskannya, sebagai PNS, terikat oleh aturan-aturan kepegawaian dan kode etik ASN yang jelas. "Patuhi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta jauhi apa yang menjadi larangan.
 
"Oleh karena itu, saudara perlu berfikir kedepan mengenai konsekuensi sebagai PNS, sehingga nantinya saudara mampu menjadi PNS yang benar-benar berorientasi pada peningkatan pelayanan, dan pembangunan untuk masyarakat," terang Ngatiyana.
 
 
Ia juga mengatakan jika menjadi PNS di masa sekarang ini haruslah memiliki kemampuan belajar, dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya, serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat. 
 
"Tanamkanlah kesadaran dalam diri saudara bahwa saudara adalah bagian penting dari motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. Jangan sampai menjadi contoh atau malah ikut-ikutan dengan budaya kerja yang tidak profesional," ucapnya.
 
"Ingatlah bahwa setiap sikap dan kinerja masing-masing akan memiliki konsekuensi tersendiri, baik secara pribadi maupun organisasi. Jadilah sosok teladan bagi lingkungan kerja dan sekitar, dengan demikian citra positif yang terbangun, tidak hanya bagi organisasi tapi juga melekat pada diri sendiri. Pencapaian prestasi Kota Cimahi hendaknya menjadi motivasi bagi saudara, bahwa PNS Kota Cimahi mampu sejajar, bahkan melebihi daerah lain dalam melaksanakan pembangunan, dengan satu syarat kita bersama-sama bekerja keras dengan sebaik-baiknya dengan penuh ketulusan hati untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara," ujar Ngatiyana menambahkan.***
 
 

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah