Jalur Kereta Api Segera Beroperasi, Bupati Garut: Ini Kado Hari Ulang Tahun ke-209 Garut

- 13 Februari 2022, 20:29 WIB
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, didampingi Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat melakukan inspeksi di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Ahad 13 Februari 2022.
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, didampingi Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat melakukan inspeksi di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Ahad 13 Februari 2022. //Agus Somantri/Galamedia/


GALAMEDIA - Direktur Jendral (Dirjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, Zulfikri, beserta jajaran direksi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Ahad 13 Febriari 2022.

Kunjungan dirjen beserta rombongan tiada lain dalam rangka inspeksi menyusul akan segera beroperasinya kembali jalur kereta api Garut-Cibatu.

Dari Stasiun Cibatu, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, dengan didampingi Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi melihat kesiapan pengoperasian jalur yang nantinya akan digunakan untuk mengangkut penumpang trayek Garut-Pasar Senen (Jakarta).

Zulfikri, mengatakan sesuai amanat Undang- Undang RI Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, bahwa setiap mengoperasikan jalur kereta api, pihaknya harus melakukan serangkaian pengujian untuk menjamin safety atau keselamatan dari pengoperasian kereta api nanti.

Baca Juga: Seram! dr Richard Lee Beri Peringatan Jangan Tergiur Infus Whitening Murah, Begini Fakta Mengerikannya

"Kami sudah menurunkan tim keselamatan dan tim pengujian, untuk melakukan pengujian jalur kereta, kesiapan stasiun, dan juga melakukan safety assesment," ujarnya, Ahad 13 Feburuari 2022.

Selain itu, terang Zulfikri, pihaknya juga telah mencatat beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti agar memenuhi ketentuan supaya segera bisa dilakukan pengoperasian secara komersial untuk bisa digunakan oleh masyarakat

"Itu yang sudah kita lakukan dan memang dari hasil pengujian dan juga tadi safety asesment yang dilakukan ada beberapa catatan yang tentunya hal biasa beberapa catatan yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti agar memenuhi ketentuan," ucapnya.

Zukfikri menyebutkan, dalam seminggu ini pihaknya akan melaksanakan uji coba dengan rangkaian kosong, tidak ada isinya. Dan setelah itu nanti akan ada tahapan selanjutnya yaitu uji coba dengan rangkaian berisi penumpang tapi terbatas (penumpangnya) tidak full.

Ia menuturkan, selama uji coba dengan penumpang terbatas, penumpang tidak akan dipungut biaya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x