Ini Dua Masalah Yang Dihadapi Pelaku UMKM

- 17 Februari 2022, 18:34 WIB
Pemda Sumedang Gelar Bursa Modal Murah dan Pelatihan Kewirausahaan,  bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan Kab.Sumedang,  Kamis-Jumat / 17-18 Februari 2022.Ade Hadeli/Galamedia//
Pemda Sumedang Gelar Bursa Modal Murah dan Pelatihan Kewirausahaan, bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan Kab.Sumedang, Kamis-Jumat / 17-18 Februari 2022.Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Dua permasalahan utama yang dihadapi oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah kesulitan dalam permodalan dan pemasaran.

Menyikapi situasi itu, Pemda (Pemerintah Daerah) Sumedang menggelar dua kegiatan sekaligus, untuk menjawab permasalahan tersebut, yakni melalui Bursa Modal Murah dan Pelatihan Kewirausahaan, bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan Kab.Sumedang, Kamis 17 Februari 2022.

Bursa Modal Murah bagi pelaku UMKM itu, dengan menggandeng 11 bank dan lembaga keuangan.

Sedangkan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM dilaksanakan bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama.

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hilman Taufik Wijaya Somantri dalam laporannya mengatakan, Bursa Modal Murah berlangsung selama dua hari, 17-18 Februari 2022.


Sedangkan pelatihan kewirausahaan yang diikuti 150 UMKM hanya berlangsung sehari, pada 17 Februari 2022.

"Setidaknya ada sebelas bank dan lembaga yang terlibat dalam Bursa Modal Murah ini yakni BRI, BNI, Bank bjb, BSI, BTN, Bank Mandiri, Pegadaian, PNM, Bank Sumedang, Bumdesma dan LKM Sumedang. Adapun sasarannya adalah para pelaku UMKM, perajin, kelompok tani dan ternak," ungkapnya.

Baca Juga: Keren, Mahkota Java Coffe Garut Dilirik Negara Italia

Dikatakan, BUMN dan BUMD tersebut menyediakan layanan pinjaman berupa kredit usaha rakyat yang bunganya sangat rendah, bahkan ada yang tanpa jaminan. Rata-rata produknya berupa KUR.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x