Rizal Ramli Puji Kapolri, Listyo Sigit Prabowo: Polisi Tak Siap Jangan Ditugaskan, Ganti Sama yang Siap

- 20 Februari 2022, 17:03 WIB
Rizal Ramli.
Rizal Ramli. /Foto: Tangkap layar YouTube Fadli Zon Official/


GALAMEDIA - Aktivis sekaligus ekonom senior Dr Rizal Ramli memuji Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu terkait ultimatum yang dikeluarkan Kapolri kepada seluruh personel kepolisian di tanah air.

Pujian tersebut disampaikannya melalui akun Twitter @RamliRizal, Minggu, 20 Februari 2022.

"Petunjuk operasional dari Kapolri sudah bagus," ujarnya seraya menyebutkan narasi "Jenderal Listyo Keluarkan Ultimatum, Begini Bunyinya".

Sementara itu dalam ultimatumnya, Kapolri menyatakan, seluruh personel kepolisian harus netral dan berdiri di atas semua golongan ketika menghadapi konflik sosial di masyarakat.

Oleh karena itu, aparat kepolisian yang memiliki tugas pokok, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, harus bisa menjadi sosok yang bisa menyelesaikan masalah dalam segala situasi konflik.

Baca Juga: AHY Sowan ke Rais Aam PBNU, Miftachul Akhyar Ajak Partai Demokrat Ikut Berdakwah

"Bagaimana rekan-rekan memposisikan berada di posisi tengah. Rekan-rekan bisa jadi mediator, menjadi problem solver yang bisa diterima kedua belah pihak. Hal itu menjadi sangat penting," ujar Sigit saat memberikan pengarahan kepada seluruh jajarannya di Mabes Polri, baru-baru ini.

Kapolri meminta seluruh anggota kepolisian agar melakukan penanganan konflik sosial dengan mengacu pada aturan, kewenangan, serta standar operasional prosedur (sop) yang diatur di dalam UU dan Peraturan Kapolri (Perkap).

Selanjutnya seluruh jajaran harus berpedoman, memperhatikan, dan mempelajari Perkab untuk diterapkan dalam menangani permasalahan, termasuk konflik sosial.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x