Ustadz Abdul Somad Dukung Rusia atau Ukraina? Simak Jawabannya Ini

- 9 Maret 2022, 22:01 WIB
Ustadz Abdul Somad./YouTube Karni Ilyas Club.
Ustadz Abdul Somad./YouTube Karni Ilyas Club. /

GALAMEDIA - Ustadz Abdul Somad (UAS) diminta tanggapannya oleh Karni Ilyas perihal peperangan antara Rusia dan Ukraina, akhir-akhir ini.

Itu saat keduanya berbincang-bincang pada kanal YouTube Karni Ilyas Club berjudul MASUK DAFTAR USTADZ RADIKAL // USTAD ABDUL SOMAD : "MAZHAB SAYA MAZHAB PERSAUDARAAN!", dikutip Rabu, 9 Maret 2022.

Terkait konflik berdarah tersebut, UAS mengaku tidak kompeten untuk memberikan tanggapannya. Pasalnya, hal itu diluar kemampuannya sebagai pengamat politik internasional.

"Saya tidak paham tentang Rusia-Ukraina karena bukan domain saya. Pemahaman saya terbatas hanya pada hukum fikih, hukum akidah. Itu saja yang bisa saya bilang," ujarnya.

Namun UAS berkisah soal peperangan yang terjadi di masa Nabi SAW. Disebutkan, saat itu ada kekuatan besar yakni Persia dan Romawi.

Baca Juga: Serukan Umat Muslim Tak Ikut-ikutan, ISIS Nyatakan Perang Rusia-Ukraina Azab Ilahi yang Hancurkan Dunia Barat

Tapi ketika terjadi konflik antara Rusia dengan Rum (Romawi) pada zaman Nabi SAW, Allah berpesan agar kaum muslim berpihak kepada Romawi.

Karena sejahat-jahatnya Romawi, dia masih bertuhan. Sedangkan Persia penyebah api.

"Saat Persia menang, Allah berjanji. Hingga ada satu surat dalam Alquran, Ar-Rum. Bangsa Romawi terkalahkan. Tapi beberapa tahun kemudian, mereka akan menang," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x