Ini Jadwal Rute Hingga Syarat Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub dan Jasa Raharja

- 8 April 2022, 12:52 WIB
Ini Jadwal, Rute dan Syarat Perjalanan Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub dan Jasa Raharja//Antara
Ini Jadwal, Rute dan Syarat Perjalanan Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub dan Jasa Raharja//Antara /

GALAMEDIA - Kabar gembira bagi yang ingin mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Jasa Raharja (Persero) termasuk di antara penyelenggara mudik gratis Lebaran 2022.

Sesuai rencana, jadwal mudik gratis Jasa Raharja dan Kemenhub pada akhir April 2022.

Syarat dokumen yang diperlukan untuk mengikuti mudik gratis 2022 ini adalah, memiliki dokumen kependudukan yang sah dan kartu keluarga bagi pemudik yang membawa anak.

Pemudik juga sangat diwajibkan memiliki aplikasi Peduli Lindungi di handphone mereka atau membawa dokumen vaksin/antigen/PCR.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Hari Ini: Sambal Goreng Teri dan Sayur Lodeh, Berikut Resepnya

Cara untuk mendaftarkan diri agar bisa ikut program mudik gratis ini yaitu melalui website atau online yang nanti sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Ada beberapa tempat pendaftaran yang akan dibagi di 5 lokasi yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Berikut 3 syarat untuk bisa mengikuti program mudik gratis tahun ini yaitu :

- Sudah di vaksin booster

- Hasil test Antigen/PCR bagi yang telah vaksin ke 2

- Hasil tes PCR bagi yang baru vaksin ke 1

Kecuali bagi anak di bawah umur 6 tahun yang belum di wajibkan vaksin dan tidak diharuskan membawa antigen/PCR.

Baca Juga: Pemudik Wajib Tahu! Ini 11 Benda yang Tidak Boleh Dibawa ke Dalam Pesawat

Sedangkan bagi pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus wajib sekali membawa hasil tes PCR dan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang sudah ditentukan.

Selain itu, ada syarat dokumen yang diperlukan untuk mengikuti perjalanan mudik Lebaran 2022 gratis ini, yaitu memiliki dokumen kependudukan yang sah dan kartu keluarga bagi pemudik yang membawa anak.

Syarat lain perjalanan mudik Lebaran tahun 2022 gratis adalah pemudik diwajibkan memiliki aplikasi PeduliLindungi di ponselnya masing-masing atau membawa dokumen vaksin/antigen/PCR bagi yang tidak memiliki smartphone.

Baca Juga: Identitas Bos Besar Binary Option Binomo Diketahui, Polisi Tidak akan Ungkap

Info Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub:

Kemenhub berencana menggelar mudik gratis Lebaran 2022 dengan kuota peserta 10.500 orang. Kegiatan mudik gratis yang dijadwalkan pada akhir April 2022 ini, dikoordinir Ditjen Perhubungan Darat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan untuk mengangkut 10.500 orang peserta mudik gratis Lebaran 2022 itu, Kemenhub menyiapkan 350 unit bus penumpang.

Dalam kegiatan yang sama, Kemenhub juga akan mengerahkan 34 unit truk pengangkut motor. "[Dana] Program mudik gratis ini dianggarkan Rp10 miliar," kata Budi, seperti  yang dikutip dari Antara, Rabu, 6 April 20022.

Baca Juga: Contoh Ceramah Singkat Kultum Ramadhan 2022 tentang Puasa dan Sabar

Budi berkata pendaftaran untuk mengikuti program mudik gratis Kemenhub ini bisa dilakukan secara online melalui website yang disediakan kementerian.

Adapun registrasi langsung dibagi menjadi 5 lokasi, yakni Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, Kemenhub biasanya menyediakan sarana mendaftar mudik gratis secara online melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Namun, sampai dengan Kamis, 7 April 2022 situs web tersebut belum diaktifkan oleh Kemenhub.

Baca Juga: Bukan Hanya Ammar Zoni, Ikatan Cinta Akan Gaet Sosok Ini Jadi Pemeran Baru Beradu Akting dengan Amanda Manopo

Info Mudik Gratis Lebaran 2022 dari Jasa Raharja:

PT Jasa Raharja (Persero) juga akan menggelar program mudik, meski belum mengumumkan data pasti jumlah kuota pesertanya.

Meski begitu, kuota peserta diperkirakan cukup banyak mengingat Jasa Raharja tahun ini berperan sebagai Koordinator Mudik Sehat Bersama BUMN 2022.

Melalui akun instagram resminya, Jasa Raharja menginformasikan bahwa salah satu syarat utama mengikuti program mudik gratis adalah sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Naskah Khutbah Jumat Singkat 8 April 2022: Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Jasa Raharja juga mewajibkan calon peserta mudik gratis Lebaran 2022 memenuhi syarat berikut: -Follow akun Instagram @pt_jasaraharja -Follow akun Twitter @pt_jasaraharja -Follow akun Facebook: Jasa Raharja Cara peserta mudik gratis pun diminta download aplikasi JRku di smartphone via playstore dan App Store.

Jasa Raharja akan mengumumkan informasi pembukaan pendaftaran Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 melalui aplikasi JRku, dalam waktu dekat.

Sedangkan kota tujuan mudik gratis Lebaran 2022 yaitu:

1. Tegal

2. Semarang

3. Demak

4. Kudus

5. Boyolali

6. Solo

7. Klaten

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x