Banjir Bandang Sumedang Telan Korban Jiwa, BPBD Jabar Ungkap Kronologis Kejadian

- 5 Mei 2022, 14:23 WIB
Kejadian banjir bandang di Desa Citengah, Sumedang yang diakibatkan banyaknya bangunan liar di daerah resapan air.
Kejadian banjir bandang di Desa Citengah, Sumedang yang diakibatkan banyaknya bangunan liar di daerah resapan air. /kabar-priangan.com/DOK Warga/



GALAMEDIA - Seorang remaja bernama Aira Dwi Rahmayuda (13 tahun) warga Desa Karangasem, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat hanyut terseret arus banjir bandang yang terjadi di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan dalam keterangan pers Diskominfo Jawa Barat, Kamis, 5 Mei 2022, menuturkan banjir bandang tersebut terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (4 Mei) petang dan mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Cihonje.
 
"Jadi penyebab kejadian banjir bandang tersebut karena hujan intensitas tinggi mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Cihonje," kata dia.
 
Akibat dari banjir bandang itu, seorang remaja bernama Aira Dwi Rahmayuda hanyut terseret arus Sungai Cihonje.

Baca Juga: Ini Dia Tips Diet Sehat Usai Lebaran Idul Fitri
 
"Sampai saat ini belum ditemukan. BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumedang untuk terus melakukan upaya penanganan," kata dia.

Menurut dia, BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Sumedang telah melakukan asessment ke lokasi kejadian serta berkoordinasi dengan Kansar Bandung.

Baca Juga: Bagi yang Mau Ke Pangandaran, Polisi Sarankan Gunakan Jalur Ini
 
Adapun alat yang digunakan untuk penanggulangan bencana tersebut adalah satu unit rescue carrier, satu unit LCR, satu set palsar air, satu set peralatan komunikasi dan satu set peralatan medis APD personal.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x