Utamakan Orang yang Hidup dalam Pengurusan Jenazah Pasien Covid-19

- 25 Juni 2020, 14:05 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI /TATI PURNAWATI/KC/

GALAMEDIA - Pengurusan jenazah pasien Covid-19 harus mengutamakan kepentingan orang yang masih hidup, selain memenuhi hak-hak jenazah.

Demikian isi dari fatwa MUI nomor 18 tahun 2020 tentang pengurusan jenazah pasien Covied-19 seperti disampaikan oleh Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh.

MUI sendiri sudah mengeluarkan fatwa Nomor 18 Tahun 2020 tentang pengurusan jenazah pasien Covi-19 yang pada intinya prosesi harus tetap memenuhi hak-hak jenazah, namun juga mengutamakan kepentingan orang yang masih hidup.

Baca Juga: Bruk! Atap Pasar Burung Cipinang Ambruk Menimpa Seorang Pekerja

"Kewajiban kita ikhtiar untuk mencegah, berobat ketika sakit, dan memastikan seluruh aktivitas pengelolaan jenazah sesuai ketentuan syariah dan tetap menjaga diri dari bahaya," kata Ni'am dalam telekonferensi yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB di Jakarta, Kamis 25 Juni 2020.

Dia menyebut ketika terjadi benturan antara pemenuhan hak-hak jenazah sesuai syariah dengan menjaga diri dari potensi penularan Covid-19, maka yang harus diutamakan adalah kepentingan orang yang masih hidup.

Namun, hingga saat ini Ni'am menilai kedua hal tersebut masih bisa seimbang dijalankan yaitu memenuhi hak jenazah di samping juga menjalani protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Baca Juga: Saat Mayat Korban Covid-19 dalam Kantong Sampah Penuhi Ruang Pasien..

Pada fatwa MUI Nomor 18 Tahun 2020 yang sudah diterbitkan pada akhir Maret 2020 tersebut menjelaskan bahwa hak syariah jenazah yaitu dimandikan, dikafankan, dishalatkan dan dimakamkan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x