PDAM Tirtawening Pastikan Pipa Transmisi Pecah Segera Diperbaiki

- 29 Juni 2020, 13:59 WIB
Ilustrasi air keran.
Ilustrasi air keran. /Pixabay/

GALAMEDIA - Pipa transmisi milik PDAM Tirtawening Kota Bandung bocor, aliran air ke 20.000 pelanggan terganggu selama 60 jam atau kurang lebih 3 hari. Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi pun meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

Sonny menuturkan, kebocoran terjadi pada pipa transmisi Cisangkuy Lama yang berada di jembatan Citarum, Kampung Kaum RT 01 RW 09, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung pada Ahad 28 Juni 2020 pukul 10.40 WIB.

Pipa ini berjenis  baja yang ditanam sejak  Tahun1959 dengan diameter 85 centimeter.

Baca Juga: Sering Buat Onar, Keberadaan Berandal Bermotor Resahkan Warga

"Pipa ini mengalirkan air baku dari Cisangkuy ke Pangelangan terus ke Badaksinga dengan debit air 800 sampai 850 liter per detik. Akibat rusaknya pipa transmisi yang berada di daerah Dayeuhkolot, tentunya kita harus hentikan aliran air tersebut," ungkap Sonny, Senin 29 Juni 2020.

Saat ini, kata Sonny, pihaknya tengah menginvestigasi untuk mengetahui penyebab dari rusaknya pipa tersebut.

"Perbaikan akan berlangsung sekitar 48 jam selesai. Namun masih butuh waktu pengkondisian jadi perbaikan bisa sekitar 60 jam," ujarnya.

Baca Juga: Legislator Ini Ajak Pemuda Jadikan Pancasila Sebagai Panduan Hidup

Selama ini, ungkap Sonny, air baku di Badaksinga berasal dari pipa Cisangkuy Lama sekitar 800-850 liter per detik dan Cisangkuy Baru sekitar 700 liter per detik. Namun aliran air dari Cisangkut Lama kini terhenti.

Namun PDAM mengupayakan penggantian dari Dago Bengkok sekitar 600 liter per detik dan sumur Sabuga 200 liter per detik.

Meski begitu, Sonny mengakui, aliran air ke sejumlah pelanggan bakal terganggu, khususnya untuk daerah timur, tengah dan barat.  

Baca Juga: Anak Durhaka, Gara-gara Sepeda Motor Ingin Penjarakan Ibu Kandung

"Namun terdampaknya enggak sampai mati total, tapi debit dan durasi yang menurun. Yang biasanya dialiri 6 jam jadi 4 jam atau 8 jam jadi 6 jam," ungkapya.

Kecuali untuk pelanggan yang daerahnya jauh dan tidak teraliri, PDAM siap melayani dengan tanki air secara gratis. Seperti daerah setelah by pass/Soekarno-Hatta (dari arah Badaksinga).

"Persyaratannya yang mengajukan minimal 10 KK," ungkapnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x