3 Bulan Tutup, Perpus Umum Cimahi Kembali Buka

- 8 Juli 2020, 19:12 WIB
 Perpustakaan Umum Kota Cimahi yang berlokasi di Jalan Daeng Moh. Ardiwinata, Cibabat kembali  dibuka pada Senin 6 Juli 2020. (Laksmi Sri Sundari)
Perpustakaan Umum Kota Cimahi yang berlokasi di Jalan Daeng Moh. Ardiwinata, Cibabat kembali dibuka pada Senin 6 Juli 2020. (Laksmi Sri Sundari) /



GALAMEDIA - Perpustakaan Umum Kota Cimahi yang berlokasi di Jalan Daeng Moh. Ardiwinata, Cibabat kembali  dibuka pada Senin (6/7), setelah sempat ditutup selama hampir 3 bulan akibat pandemi Covid-19. Selama beroperasi, protokol kesehatan pun harus dipatuhi oleh para pengunjung dan pengelola perpustakaan untuk menghindari paparan Covid-19.

Meskipun sudah dibuka kembali, namun layanan baca di tempat, layanan surat kabar dan majalah, serta layanan internet untuk sementara belum diperbolehkan, karena keterbatasan ruangan untuk mematuhi anjuran physical distancing.

"Udah buka sejak senin kemarin. Melayani peminjaman dan pengembalian buku. Bacanya di rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19," ungkap  Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Rabu, 8 Juli 2020.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Stok Bahan Pokok Aman

Selain itu, untuk membatasi jumlah pengunjung, peminjam buku harus sudah terdaftar atau memiliki kartu anggota. Saat berada di dalam perpustakaan pun pengunjung harus mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pihak pengelola.

"Peminjam buku tidak masuk dan mencari buku, hanya mengisi formulir buku apa yang akan dipinjam. Lalu nunggu. Nanti petugas yang akan mencarikan bukunya kemudian diserahkan ke anggota," beber Harjono.

Sementara untuk pengembalian buku, sambung Harjono, peminjam harus mengisi formulir, menunjukkan buku yang dikembalikan, buku itu disimpan pada box yang sudah disiapkan.

Baca Juga: Gara-gara Kirim Surat Permintaan Maaf, Pengemudi Ojol ini Jadi Viral

"Kita siapkan juga tempat cuci tangan pakai air dan sabun di luar, pengunjung wajib pakai masker, dan lain-lain," ujarnya.

Diakui Harjono, jumlah pengunjung yang datang pasca ditutup selama beberapa bulan belum terlalu banyak. Berdasarkan data dari Perpustakaan Umum Kota Cimahu, jumlah pengunjung pada Senin sebanyak 11 orang, selasa 17 orang, dan
Rabu 10 orang.

"Pengunjungya belum banyak, karena prioritas untuk anggota. Jam operasionalnya juga kami batasi dari jam 09.00 - 14.00 WIB. Biasanya dari jam 08.00 - 15.00 WIB. Sabtu tetap buka," bebernya

Baca Juga: Denny Siregar Kembali 'Usil', Kali Ini Sebut Roy Suryo Sebagai Pakar Panci

Kepala Seksi (Kasi) Layanan dan Promosi Perpustakaan Diskominfoarpus Kota Cimahi, Budi Anwar manambahkan, selama perpustakaan ditutup, pihaknya melakukan penataan dan pembersihan ruangan untuk menghindari paparan penyakit, dan untuk keyamanan para pembaca, saat perpustakaan dibuka kembali.

"Jadi selama pembatasan layanan, kami melakukan pembersihan ruangan atau sterilisasi, penataan koleksi, pengerjaan administrasi laporan, dan restorasi koleksi yang rusak,"

Selama perpustakaan ditutup, pihaknya mengarahkan masyarakat untuk membuka aplikasi perpustakaan digital atau E-Library (E-Lib), yang sudah dilengkapi dengan 1.238 koleksi e-book.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Jabar Lakukan Penataan Aset Dinas Pendidikan

"Kami mengarahkan agar masyarakat dapat memanfaatkan E-Lib Kota Cimahi, karena koleksinya tidak kalah beragam dari koleksi buku fisik," sebutnya.

Sistem pinjam buku online memang baru diluncurkan sejak tahun lalu. Masyarakat cukup mengunduh aplikasi E-Library. Aplikasi ini dapat didownload di play store ataupun appstore, dengan pendaftaran online melalui link : bit.ly/reg-elibcimahi

Setelah mendaftar secara online, pembaca bisa menikmati 1.238 judul buku, dengan total exemplar sebanyak 3.714 buku yang bisa dipinjam dan dibaca secara online.

Baca Juga: Hubungan Makin Tegang, FBI Sebut China Jadi Ancaman Terbesar Bagi AS

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah