Duh, Menteri Kesehatan Terawan Sebut Pasien Positif Corona Masih Sedikit

- 15 Juli 2020, 22:14 WIB
MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto.* /AMIR FAISOL/PR

GALAMEDIA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dicecar habis-habisan oleh anggota Banggar DPR RI pada rapat di Gedung DPR RI, Rabu (15/7/2020), karena anggaran penanganan Covid-19 (virus corona) hanya terserap 5 persen.

Terkait hal itu, Terawan mengakui penyerapan anggaran penanganan corona di sektor kesehatan masih rendah. Menurutnya, itu akibat jumlah pasien masih sedikit.

"Kalau penyerapan kurang kan berarti pasiennya sedikit. Santunan juga kalau penyerapannya kurang berarti yang meninggal sedikit, untuk tenaga kesehatan," ungkap Terawan dalam Rapat Badan Anggaran melalui video conference, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: MotoGP Jerez Spanyol: Vinales Tercepat di Tes Kedua, Marquez dan Danilo Petrucci Kecelakaan

Menurutnya, serapan anggaran penanganan pandemi virus corona di sektor kesehatan akan banyak jika jumlah pasien yang sakit dan tenaga medis yang meninggal lebih banyak. Dengan kata lain, penyerapan anggaran akan bergantung dari perkembangan kasus penularan virus corona.

Sementara, data pemerintah pusat menunjukkan jumlah pasien virus corona terus meningkat setiap hari. Hari ini, kasus positif bertambah sebanyak 1.522 menjadi 80.094 kasus.

"Jadi ini memang berbeda dengan penyerapan belanja modal dan barang," ujar Terawan.

Baca Juga: Pengedar 20 Ribu Pil Ekstasi Dibekuk Polisi di Apartemen Kalibata

Namun, realisasi belanja kesehatan dalam penanganan pandemi virus corona baru sebesar Rp4,48 triliun per 8 Juli 2020. Jumlah tersebut setara 5,12 persen dari total dana yang dialokasikan sebesar Rp87,55 triliun.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X