BMKG Sebutkan Perubahan Cuaca Ekstrem, disertai Hujan Deras di Wilayah JABODETABEK dan sekitarnya saat NATARU

- 27 Desember 2022, 21:30 WIB
Waspada Badai Besar Melanda Jabodetabek.
Waspada Badai Besar Melanda Jabodetabek. /Freepik/jplenio1

 

GALAMEDIANEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan bahwa akan ada perubahan cuaca ekstrem disertai hujan deras di wilayah Jabodetabek.

Berdasarkan hasil analisisnya, kondisi dinamika atmosfer di sekitar Indonesia berpotensi signifikan terhadap curah hujan di beberapa wilayah dalam sepekan kedepan.

Kondisi yang memicu peningkatan curah hujan diantaranya :

1. Monsun Asia menunjukkan aktivitas cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir, dengan potensi seruakan Dingin (fenomena cukup lazim karena adanya aliran massa udara dingin di wilayah Benua Asia menuju ke wilayah selatan).

2. Adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di wilayah Australia yang dapat memicu pola pumpunan dan perlambatan angin di wilayah Indonesia.

3. Bibit siklon tropis 95 W tumbuh di Samudra Pasifik sebelah Utara Papua Barat, tepatnya di sekitar 8.8 LU, 130.9 BT, dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan terendah 1008 mb.

Baca Juga: ROKOK DILARANG DIJUAL BATANGAN, Begini Penjelasan Presiden Jokowi

Potensi hujan dengan intensitas signifikan pada tanggal 27 Desember 2022 – 02 Januari 2023 perlu diwaspadai di beberapa wilayah terutama Jabodetabek.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah