Lewat Transplantasi Sel Punca Tulang, 3 Pasien HIV Dinyatakan Sembuh, Benarkah Pasien HIV Dapat Disembuhkan?

- 25 Februari 2023, 21:08 WIB
 Ilustrasi Virus HIV yang menyerang sistem Imun manusia/pixabay.com @madartzgraphics
Ilustrasi Virus HIV yang menyerang sistem Imun manusia/pixabay.com @madartzgraphics /


GALAMEDIANEWS - Para ilmuwan telah melaporkan kasus ketiga pasien yang berhasil disembuhkan dari HIV setelah menjalani transplantasi sel punca. Pasien HIV tersebut berasal dari Kota Düsseldorf Jerman, mereka  dinyatakan telah sembuh setelah menjalani transplantasi sel punca.

Dengan kesembuhan Pasien Düsseldorf menambahkan daftar kasus kesembuhan pasien dengan HIV/AIDS. Sebelumnya dilaporkan ada 'pasien Berlin' dan 'pasien London' yang juga lebih dulu dinyatakan sembuh dengan metode yang sama.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature itu menunjukkan bahwa pasien berusia 53 tahun yang menderita HIV tersebut sebelumnya telah menerima transplantasi sel punca sumsum tulang belakang untuk mengobati leukimia yang dideritanya.

Meskipun masih ada kontroversi mengenai apa yang dimaksud dengan 'penyembuhan HIV', kasus baru ini merupakan tambahan yang sukses dalam daftar kasus penyembuhan HIV dengan menggunakan jenis transplantasi sel punca yang sama.

Jürgen Rockstroh, Profesor dan kepala infeksiologi di Rumah Sakit Universitas di Bonn, Jerman, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "ini bukan kasus pertama dan menunjukkan bahwa metode ini menjanjikan dan dapat direproduksi".

Baca Juga: Anime Pokeman Baru Hadirkan 2 Karakter, Termasuk Kapten Pikachu

Namun, para ilmuwan lain mengatakan bahwa beberapa pasien lain yang telah menerima perawatan tersebut tidak mendapatkan manfaat darinya.

Menulis di Lancet pada tahun 2020, pakar HIV Sharon Lewin dan koleganya Jennifer Zerbato mengatakan bahwa mereka menyimpulkan bahwa virus HIV tersebut tetap tersembunyi di banyak sel kekebalan tubuh yang berumur panjang dan bahwa metode pendeteksian saat ini terbatas sehingga sulit dilakukan


Mengapa transplantasi sel punca dapat menyembuhkan HIV?

Perlu diketahui bahwa sel target virus HIV memiliki reseptor yang disebut CCR5. Tiga pasien yang kini dalam masa remisi menerima transplantasi sel punca dari donor yang sebelumnya positif HIV-1 dan memiliki salinan mutasi CCR5 yang langka namun terjadi secara alami.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: Deutsche Welle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x