Ide Brilian!! Kang Dedi Mulyadi akan Manfaatkan Air Kencing jadi Pupuk

- 1 Maret 2023, 14:32 WIB
Kang Dedi Mulyadi saat berada di areal pesawahan padi organik di wilayah Subang
Kang Dedi Mulyadi saat berada di areal pesawahan padi organik di wilayah Subang /


GALAMEDIA NEWS- Kang Dedi Mulyadi, Wakil Ketua Komsi IV DPR RI kembali mengemukakan mengenai ide idenya terutama dalam hal lingkungan. Bahkan Kang Dedi saat ini rencananya akan melakukan ujicoba air kencing dijadikan pupuk terhadap pertanian organik.

Penggunaan air kencing sebagai pupuk tersebut oleh Kang Dedi Mulyadi akan diujicobakan di areal persawahan di Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang hampir seluruhnya telah beralih ke pertanian organik.

Cara pemanfaatan air kencing ternak yang difermentasikan menggunakan minuman probiotik dan gula. Hasil fermentasi tersebut kini telah digunakan ke sejumlah areal sawah di Lembur Pakuan.

Baca Juga: Rekomendasi 10 SMA Negeri Terbaik di Kota Jakarta Pusat, Cek Daftarnya Disini

Baca Juga: Update Gempa Bumi Turki dan Suriah: Jumlah Korban Tewas Kini Telah Mencapai 51.000 Jiwa

Air Kencing Manusia Lebih bagus

Peralihan tersebut tak lepas dari peran Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi yang fokus untuk mengubah pertanian berbasis kimiawi menjadi pertanian organik.

Kemarin Kang Dedi bertemu salah seorang petani yang telah berhasil mengaplikasikan percontohan pertanian organik di Lembur Pakuan. Petani bernama Ahmad tersebut sehari-hari juga bertugas sebagai pengatur air ke sawah.

Ahmad sendiri memiliki 225 bata sawah garapan yang telah beralih ke organik. Untuk pupuk ia menggunakan kotoran sapi yang diencerkan dan difermentasi menggunakan EM4. Pupuk tersebut disebar ke sawah sebelum atau sesudah dibajak.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x