IDI: Cegah Tertular Covid-19, Makanlah Makanan yang Dimasak Sendiri di Rumah

- 8 Agustus 2020, 14:14 WIB
/

GALAMEDIA - Ditengah Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, masyarakat Indonesia disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah sendiri. Hal tersebut untuk memastikan kebersihan dan kandungan gizi yang seimbang demi meningkatkan ketahanan tubuh sehingga terhindar dari paparan Covid-19.

"Kalau kita mau menghindari penularan, caranya kita mencegah supaya kita enggak sampai sakit," kata Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Vito A. Damay dalam konferensi pers Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 bertema "Cegah Covid-19 dengan Masak di Rumah" dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu 8 Agustus 2020.

Dikatakannya, di tengah pandemi Covid-19 hal yang masih belum dapat diatasi, yakni cara terbaik mencegah penularan viris SARS-CoV-2 itu, adalah dengan terus menjaga daya tahan tubuh.

Untuk dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, dengan mengonsumsi makanan yang terjamin kebersihan dan juga kandungan gizi yang seimbang.

Baca Juga: KPK Buka Seleksi Posisi Juru Bicara, Berminat? Ini Persyaratannya

Untuk bisa memastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi, masyarakat disarankan memasak sendiri makanan tersebut dengan sesering mungkin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, sebelum mulai memasak.

"Cuci tangan sebelum kita menyiapkan masakan. Cuci tangan sebelum kita makan, dengan air mengalir dan juga dengan sabun atau kalau kelihatannya tangan kita bersih secara kasat mata, bisa juga dengan handsanitizer," kata Vito.

Ia juga menyarankan masyarakat untuk memastikan kematangan makanan yang akan dikonsumsi dengan cara memanaskannya agar kemungkinan bakteri atau virus yang masih terdapat di dalam makanan tersebut benar-benar mati.

"Kemudian, pertahankan juga imunitas tubuh dengan pola makan yang baik dan benar," kata dia.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X