Rita : Jika Ada yang Bengkak Usai Divaksin, Itu Hal Wajar dan Akan Hilang Dengan Sendirinya

- 14 Agustus 2020, 17:22 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung melakukan jumpa pers di Puskesmas Garuda Bandung, Jumat 14 Agustus 2020 /Rio Rizky Batee/

GALAMEDIA - Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita menerangkan ada empat puskesmas di Kota Bandung, dilakukan uji klinis vaksin Covid-19 secara paralel pada hari Jumat, 14 Agustus 2020.

Hari ini, ada 20 relawan yang disuntik vaksin atau dilakukan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Jln. Dadali, Kota Bandung, yang disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

"Mereka (relawan) yang sudah disuntik diobservasi selama 30 menit, kalau tidak ada apa-apa maka boleh pulang seperti biasa," ujar Rita pada wartawan, Jumat.

Baca Juga: Polda Jabar Pastikan Penanganan Laporan TPPU Bos Event Organizer di Bandung Masih Berlanjut

Pihaknya berharap proses uji klinis vaksin Covid-19 dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya baik. Sehingga tahun depan diproduksi vaksinnya untuk salurkan kepada masyarakat.

Jika ada sakit panas atau bengkak setelah dilakukan penyuntikan vaksin, menurutnya hal tersebut adalah wajar dan dalam beberapa hari bisa hilang, tergantung dari individunya masing-masing.

Rita menerangkan setelah disuntik vaksin, relawan diminta untuk beraktivitas seperti biasa dan menjaga pola makan. Selain itu, tetap disiplin protokol kesehatan serta menggunakan masker.

Baca Juga: Tidak Bisa Menjadi Relawan Vaksin Covid-19, Ini Kata Yana Mulyana

"Jadi mereka tetap beraktivitas seperti biasa dan menerapkan protokol kesehatan pada kegiatan sehari-hari," tambahnya

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X