Emil, HUT RI Momentum Kebangkitan Pascapandemi Covid-19

- 14 Agustus 2020, 18:33 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil melakukan konferensi pers di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (13/7/20). /Humas Pemprov Jabar/

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengikuti rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Kota Bandung, Jumat 14 Agustus 2020.

Dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo utamanya menyoroti pandemi global Covid-19 yang terjadi di 251 negara dengan kasus kematian per 13 Agustus lalu mencapai 744 ribu jiwa dari berbagai penjuru dunia.

Dampaknya, berbagai negara mengalami kemunduran ekonomi, termasuk Indonesi. Meski begitu, Presiden berujar, kemunduran ekonomi negara maju harus dijadikan kesempatan bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan.

“Ekonomi negara-negara maju bahkan minus belasan persen bahkan sampai minus 17-20 persen. Kemunduran banyak negara-negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan,” ucap Presiden dalam pidatonya dengan balutan pakaian adat khas Sabu, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Zulham : Saya Datang dan Dikasih Lari, Lari, dan Lari terus, Cukup Melelahkan

Untuk itu, Presiden menyambut baik seruan para ulama, pemuka agama, dan para tokoh bangsa agar menjadikan momentum pandemi ini sebagai kebangkitan untuk melakukan transformasi besar di berbagai bidang kehidupan, mulai ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, pendidikan, hingga kesehatan.

Sementara itu, Emil --sapaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil-- mendukung HUT ke-75 RI sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan karena pandemi.

“Bapak Presiden (Joko Widodo) memberikan pidato yang sangat komprehensif. Pertama, menyemangati kita walaupun seluruh dunia hari ini mengalami problem oleh pandemi Covid-19 dan penurunan ekonomi. Tapi melalui semangat kebersamaan dan gotong royong, kita harus gunakan momentum ini juga sebagai kebangkitan Indonesia,” ujar Emil.

“Kedua, di (tengah) pandemi ini Presiden berpesan agar kita fokus dan mengucapkan terima kasih kepada mereka-mereka yang sudah berkorban khususnya dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia dari Covid-19 dan kerja keras bersama dari sisi ekonomi,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X