Beli Solar Subsidi Sekarang Wajib Pakai QR Code di Aplikasi MyPertamina, Begini Caranya

- 26 Mei 2023, 17:14 WIB
Pembelian Solar Subsidi harus menggunakan QR Code yang didapat dari aplikasi MyPertamina. / Instagram @mypertamina
Pembelian Solar Subsidi harus menggunakan QR Code yang didapat dari aplikasi MyPertamina. / Instagram @mypertamina /



GALAMEDIANEWS - PT Pertamina (Persero) mulai menerapkan mekanisme penggunaan QR code pada aplikasi MyPertamina dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) Solar Subsidi.

Penerapan mekanisme penggunaan Full QR Code dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) Solar Subsidi ini masih akan diberlakukan di 234 kota atau kabupaten di Indonesia.

Sehingga, masyarakat yang ada di 234 kota atau kabupaten tersebut harus sudah  melakukan pendaftaran program Subsidi Tepat MyPertamina.

Baca Juga: Resep Masakan: Gulai Cincang Sapi ala Rudy Choirudin Makanan Berkuah Kaya Bumbu Khas Padang

Pengguna kendaraan yang telah terdaftar dalam program Subsidi Tepat MyPertamina baru akan mendapatkan QR code yang nantinya harus ditunjukkan saat melakukan pembelian BBM Solar Subsidi.

Irto Ginting yang merupakan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, menjelaskan bahwa Program Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi ini bukan merupakan sebuah hal baru dan akan dilakukan secara bertahap.

“Penyaluran Solar Subsidi sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya.  Bertahap kami berlakukan Full QR untuk Solar Subsidi,” kata Irto sebagaimana dikutip GalamediaNews dari website resmi Pertamina.

Program ini merupakan sebuah tindak lanjut dari berbagai kebijakan Pertamina sebelumnya agar masyarakat terbiasa dengan QR code dan mampu memanfaatkannya dengan baik.

“Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya,” kata Irto melalui keterangan resminya, ujar Irto selanjutnya.

 Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Subang Jawa Barat 2023, Liburan Akhir Pekan Murah dan Instagramable



Selanjutnya, pihak Pertamina juga telah menyiapkan sebuah antisipasi dan juga solusi untuk memudahkan masyarakat yang terlupa untuk membawa QR Code atau tak bisa menggunakan QR Code.

“Jadi masyarakat yang QR Code tertinggal, atau mau refresh ulang QR Code, bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian Solar Subsidi,” kata Irto melanjutkan penjelasannya.

Cara Membeli Solar Subsidi dengan QR Code

Adapun cara membeli BBM Solar Subsidi ini hanya perlu menyiapkan QR code yang diperoleh dari aplikasi MyPertamina atau melalui laman resmi MyPertamina berikut ini https://subsiditepat.mypertamina.id/.

1. Sebelum bertransaksi, pembeli haru menunjukkan QR code tersebut kepada operator SPBU untuk dilakukan pemindaian QR code.

2. QR code tidak wajib diakses melalui ponsel, melainkan bisa juga dicetak secara fisik seperti dalam bentuk kertas dan dibawa ke SPBU.  

3. Setelah dilakukan pemindaian, petugas akan melakukan pengisian Solar Subsidi sesuai dengan yang diminta dan kemudian melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan menggunakan metode tunai (cash) atau non-tunai.

 Baca Juga: Jangan Lupa Cek Arah Kiblat, Matahari akan Tepat di Atas Kabah pada 27 dan 28 Mei 2023



Adapun untuk kuota harian pembelian Solar Subsidi untuk kendaraan pribadi adalah maksimal 60 liter per hari.

Serta untuk kendaraan umum baik angkutan orang atau barang roda empat maksimal bisa membeli 80 liter per hari. Sedangkan untuk kendaraan umum angkutan orang atau barang roda enam maksimal 200 liter per hari. ***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: pertamina.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x