Tindakan serangan balik Ukraina telah dimulai, kata Zelensky

- 11 Juni 2023, 11:13 WIB
Tindakan serangan balik Ukraina telah dimulai
Tindakan serangan balik Ukraina telah dimulai /Reuters/

GALAMEDIANEWS - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tampaknya telah mengkonfirmasi bahwa serangan balasan negaranya yang telah lama ditunggu-tunggu terhadap Rusia telah dimulai.

"Tindakan kontra-ofensif dan defensif sedang berlangsung," katanya.

Tetapi dia menambahkan bahwa dia tidak akan berbicara secara rinci tentang tahap atau negara bagian mana dari serangan balasan itu.

Komentar tersebut muncul setelah eskalasi pertempuran di selatan dan timur Ukraina dan spekulasi tentang kemajuan dari dorongan yang diantisipasi secara luas.

Baca Juga: Zelensky: Ukraina Memulai Serangan Balik Terhadap Pasukan Rusia

Pasukan Ukraina dilaporkan telah maju di timur dekat Bakhmut dan di selatan dekat Zaporizhzhia, dan telah melakukan serangan jarak jauh ke sasaran Rusia.

Tetapi menilai realitas di garis depan itu sulit, dengan dua pihak yang bertikai menyajikan narasi yang kontras: Ukraina mengklaim kemajuan dan Rusia yang sedang melawan serangan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah wawancara video yang diterbitkan Jumat bahwa pasukan Ukraina pasti telah memulai ofensif mereka tetapi upaya kemajuan telah gagal dengan banyak korban.

Berbicara di Kyiv pada hari Sabtu, setelah pembicaraan dengan PM Kanada Justin Trudeau, Zelensky menggambarkan kata-kata pemimpin Rusia itu sebagai "menarik".

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: bbc.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x