Rencana Pembongkaran Kios Pasar Banjaran oleh Pemkab Bandung, Timbulkan Pro Kontra di Antara Pedagang

- 10 Juli 2023, 07:51 WIB
Adanya rencana pembongkaran kios lama di Pasar Banjaran oleh Pemkab Bandung timbulkan pro kontra di antara sesama pedagang./ Istimewa
Adanya rencana pembongkaran kios lama di Pasar Banjaran oleh Pemkab Bandung timbulkan pro kontra di antara sesama pedagang./ Istimewa /

GALAMEDIANEWS – Revitalisasi Pasar Banjaran masuk pada babak pembongkaran kios lama dan pemutusan jaringan listrik yang menurut rencana akan dilakukan hari ini, Senin 10 Juli 2023 oleh pihak Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Bandung berdasarkan surat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Nomor 511.2/2043/SPD tertanggal 5 juli 2023.

 Hal itu diperkuat juga dengan adanya Surat Disperdagin Nomor. 500.2.3.13/2057/SPD tertanggal 6 Juli 2023 yang ditujukan kepada Dinas Perhubungan atau Dishub.

Disebutkan dalam surat, dengan rencana pembongkaran kios lama dan pemutusan jaringan listrik di Pasar Banjaran, Disperdagin mengajukan permohonan pada Dishub Kabupaten Bandung untuk menggunakan lahan terminal sebagai tempat pelaksanaan apel, posko, kendaraan berat mulai dari hari Minggu 9 Juli 2023 hingga Kamis 13 Juli 2023.

Baca Juga: Hadirkan Pasar Kreatif, Ridwan Kamil Ingin Jabar Merdeka dari Produk Asing

Rencana pembongkaran kios lama dan pemutusan jaringan listrik Pasar Banjaran tersebut menimbulkan pro dan kontra di antara sesama pedagang yang mendukung ataupun menolak proses revitalisasasi ini.

Pedagang yang kontra terhadap revitalisasi Pasar Banjaran berharap pembongkaran kios lama atau tindakan apapun yang berhubungan dengan pembenahan pasar dilakukan setelah ada keputusan berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Ini merupakan bentuk arogansi Pemda Kabupaten Bandung yang terus berupaya mengintimidasi para pedagang, padahal seharusnya mereka menghormati proses hukum yang sedang berjalan,” ujar kuasa hukum pedagang dari Jaringan Advokasi Rakyat Miskin Indonesia, Harry Haswidy kepada GalamediaNews, Minggu 9 Juli 2023.

Ia mengatakan, mereka sebelumnya sudah bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk menyampaikan aspirasi mereka terhadap upaya revitalisasi ini. Namun dengan adanya rencana pembongkaran kios tersebut tentu menimbulkan kekecewaan.

Baca Juga: Pasar Rakyat Indonesia di Tengah Kota Frankfurt Jerman

Halaman:

Editor: Feby Syarifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x