Pembatalan Kepesertaan 4.791 Calon Siswa SMA/SMK di Jawa Barat

- 17 Juli 2023, 20:33 WIB
Ilustrasi proses daftar ulang PPDB SMA/SMK Provinsi Jawa Barat.
Ilustrasi proses daftar ulang PPDB SMA/SMK Provinsi Jawa Barat. / disdik.jabarprov.go.id/

GALAMEDIANEWS - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) Wahyu Mijaya memberikan penjelasan bahwa pihak Disdik Jabar membatalkan kepesertaan 4.791 calon siswa SMA/SMK dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Dirinya menegaskan, bahwa pembatalan kepesertaan tersebut diantaranya disebabkan terkait dengan masalah Kartu Keluarga (KK) yang tidak sesuai dengan aslinya dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Beberapa penyebab kita menolak 4.791 calon siswa terkait ketidaksesuaian data saat mendaftar berbagai jalur di PPDB. Misalnya terkait dengan dokumen KK dan titik koordinatnya, nilai rapor, dokumen program penanganan kemiskinan serta ketidaksesuaian dengan dokumen prestasi kejuaraan," ungkap Wahyu, Senin 17 Juli 2023, seusai mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hadir di SMK Negeri 12 Bandung, dalam pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) serentak.

Baca Juga: BLEACH THOUSAND YEAR BLOOD WAR Episode 16: Tanggal Rilis dan Spoiler

Wahyu menjelaskan, atas kejadian ini, pihaknya membentuk tim evaluasi untuk melakukan penilaian dan evaluasi perbaikan sistem PPDB tahun depan, seperti yang telah dilakukan Disdik Jabar tahun lalu untuk pelaksanaan PPDB 2023.

"Kita sudah membentuk tim evaluasi untuk menilai dan memperbaiki sistem PPDB tahun 2024. Mana saja yang harus kita pertahankan dan mana saja yang harus kita perbaiki," jelasnya.

Wahyu menambahkan, bagi calon siswa tidak mampu yang tidak lolos PPDB sekolah negeri, pemerintah tetap memberi bantuan untuk masuk sekolah swasta dengan memberikan bantuan keuangan untuk proses pendaftaran sekolah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Menkomifo Baru Gantikan Johnny G Plate, Budi Ari: Kita Fokus Kerja!

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x