Bapenda Jabar Ajak Warga Manfaatkan Program Diskon PKB dan BBNKB

- 26 Juli 2023, 20:40 WIB
Bapenda Jabar Ajak Warga Manfaatkan Program Diskon PKB dan BBNKB./ist
Bapenda Jabar Ajak Warga Manfaatkan Program Diskon PKB dan BBNKB./ist /

GALAMEDIANEWS - Pemprov Jabar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat terus mengupayakan optimalisasi pajak daerah.

Selain program digitalisasi pajak yang sudah terbukti memaksimalkan pendapatan di sektor pendapatan daerah terutama dari pajak daerah, Bapenda terus mengupayakan optimalisasi pajak kendaraan bermotor dengan program pemutihan bea balik nama kendaraan (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Bapenda Jabar pun mengajak warga memanfaatkan dua program yang sudah bergulir sejak 3 Juli lalu hingga 31 Agustus 2023.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Banyak Spot Foto Instagramable dan Enggak Bikin Kantong Jebol

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengatakan, dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya untuk menunaikan kewajiban pajak.

"Diskon Pajak Kendaraan Bermotor khusus kendaraan yang menunggak lebih dari tujuh tahun hanya bayar tiga tahun. Ada diskon lah kita istalahkan, dan diskonnya tidak kira-kira cukup bayar tiga tahun," kata Dedi, baru-baru ini.

Dedi menuturkan, target dari relaksasi pajak tersebut mengaktifkan kembali wajib pajak yang selama ini menunggak pajak, sehingga potensi pajak bisa dioptimalisasi kembali.

Di Jawa Barat, lanjut Dedi, tercatat 24 juta lebih unit sementara ini yang aktif sebanyak 16,6 juta dan yang taat membayar pajak 10,6 juta.

“Nah dari data potensi tersebut kami coba mencari potensi sisanya yang belum taat membayar pajak untuk bisa aktif kembali status pajak kendaraan bermotornya. Karena jika tidak maka kendaraan yang lebih dari tujuh tahun tidak membayar pajak status kendaraannya akan dihapuskan,” paparnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x