Agustus Ini Nama Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil Ditentukan, Jenderal Polisi atau Birokrat?

- 31 Juli 2023, 14:45 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil./Lucky M Lukman/Galamedianews
Gubernur Jabar Ridwan Kamil./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Bulan Agustus ini, nama Penjabat atau Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil akan ditentukan. Ini sejalan dengan akan segera habisnya masa jabatan Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil itu akan selesai bertugas sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023. Emil bersama wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum, sudah memimpin Jawa Barat sejak tahun 2018.

Sejumlah nama kandidat Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil bermunculan. Termasuk sejumlah nama jenderal polisi maupun dari kalangan birokrat.

Baca Juga: Ini Sikap Ridwan Kamil Usai Direstui Ibunda Maju di Pilgub DKI Jakarta

Lantas, siapa yang bakal menjadi Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil dan akan memimpin provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia hingga tahun 2024 mendatang?

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat akan menentukan nama Pj Gubernur Jabar pada bulan Agustus 2023 ini. Legislator masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Beberapa waktu lalu, Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman mengatakan, dewan diberikan waktu satu bulan untuk mengusulkan nama Pj ke Mendagri.

"Kami itu diberikan waktu sekitar satu bulan sebelum masa jabatan gubernur habis, 5 Agustus 2023. Kemungkinan paripurna 1 Agustus 2023 itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menyampaikan 'pamitan'," kata Bedi.

Dikatakan Bedi, legislator baru akan bekerja setelah surat Kemendagri turun. Sehingga, untuk saat ini belum ada kerja-kerja yang mengerucut pada penentuan Pj Gubernur. Dewan dipastikan akan menunggu terlebih dahulu surat Kemendagri.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah