Disdik Jabar Investigasi Temuan 89 Dugaan Pemalsuan KK Saat PPDB

- 3 Agustus 2023, 17:10 WIB
Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya (kanan) didampingi Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hamiseno, saat memberikan keterangan terkait PPDB kepada media, Kamis, 3 Agustus 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews
Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya (kanan) didampingi Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hamiseno, saat memberikan keterangan terkait PPDB kepada media, Kamis, 3 Agustus 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Dinas Pendidikan Jabar tengah melakukan investigasi terkait temuan baru dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Terbaru, ada temuan terkait kecurangan dengan memalsukan data kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK). Dari sejumlah 80 kasus, kini bertambah menjadi 89.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Wahyu Mijaya menyatakan, dugaan kecurangan itu ditemukan usai puluhan murid tersebut diterima di sekolah atau lolos seleksi tahap II PPDB.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar: Asep N Mulyana Eks Kepala Kejati Jadi Calon Kuat

Baca Juga: Sobat Muda Onsu Gelar Jarji Jarbeh Dance Competition Tingkat Nasional Berhadiah Puluhan Juta Rupiah!

"Kami sampaikan bahwa tim Pemprov Jabar sudah mencoba mengkaji, saat ini kami menemukan 89 kasus yang diduga menggunakan dokumen tidak asli," ujar Wahyu, kepada media, di Kantor Disdik Jabar, Jalan Radjiman, Kota Bandung, Kamis, 3 Agustus 2023.

Diterangkannya, sebanyak 89 murid yang diduga melakukan praktik kecurangan itu tersebar 28 sekolah di 15 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Hanya saja, Wahyu belum bisa mengungkap secara rinci 15 kota dan kabupaten dimaksud.

Diungkapkan Wahyu, dugaan pemalsuan data yang dilakukan tergolong canggih. Mereka mengedit QR Code yang tertera di dalam KK yang mengarahkan pada situs Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) palsu.

"Jadi QR Code itu bukan dari Disdukcapil. Mereka buat QR Code tersambung ke URL seolah Disdukcapil. Sehingga, verifikator ketika melihat benar ada tanda ceklis," jelasnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x