Dinkes Kabupaten Bogor Tangani Kasus Bayi Tertukar, Bupati: Ada Sanksi untuk Rumah Sakit

- 12 Agustus 2023, 18:33 WIB
Ilustrasi kasus bayi tertukar di Bogor.
Ilustrasi kasus bayi tertukar di Bogor. /Unsplash - Hu Chen/



GALAMEDIANEWS - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat turun tangan untuk atasi kasus dugaan bayi tertukar. Dinas Kesehatan terjun langsung setelah mendapat aduan dari orangtua yang berasal dari Ciseeng.

Siti Mauliah merasa bayi yang dilahirkannya pada Juli 2022 lalu tertukar di Rumah Sakit Sentosa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya perintahkan Kadinkes untuk menyelesaikan permasalahan yang luar biasa ini," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan di Bogor, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Ia menegaskan bahwa tim Dinkes akan menangani pihak Rumah Sakit Sentosa dalam melakukan tes DNA kepada keluarga berinisial B yang diduga bayinya tertukar dengan bayi Siti Mauliah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakso Legendaris di Semarang, Surganya Pecinta Bakso, Salah Satunya Kesukaan Paula Verhoeven

"Saya masih belum dapat laporan resmi dari Dinkes. Mungkin secepatnya kami sampaikan, kami tanyakan. Ada solusi kan itu tes DNA ya," tambahnya.

Iwan Setiawan menduga bahwa ada unsur kelalaian dari pihak Rumah Sakit Sentosa yang mengakibatkan bayi Siti Mauliah tertukar. Ia juga berpesan agar kedepannya kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Mungkin ada sanksi (untuk rumah sakit) kalau menurut saya, karena ini kelalaian yang berdampak cukup luar biasa," tuturnya.

Rusdy Ridho, Kuasa hukum Siti Mauliah menyampaikan bahwa Siti Mauliah telah mengadukan perkara ini ke pihak kepolisian unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA), Kabupaten, Bogor.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x