Tekan Angka Korban Kecelakaan Laut, JQR Gelar Pelatihan untuk Nelayan

- 16 Agustus 2023, 10:26 WIB
JQR Nelayan Rescue Training yang digelar di Pantai Pangandaran, 11-13 Agustus 2023./IST
JQR Nelayan Rescue Training yang digelar di Pantai Pangandaran, 11-13 Agustus 2023./IST /

GALAMEDIANEWS - Jabar Quick Response atau JQR, bekerjasama dengan SAR Barakuda menggelar kegiatan JQR Nelayan Rescue Training di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran, 11-12 Agustus 2023.

Sebanyak 70 nelayan, dari wilayah pesisir pantai Jawa Barat dibekali kemampuan penyelamatan di laut. Pelatihan terhadap nelayan digelar untuk menekan angka korban kecelakaan laut.

Ketua Pelaksana JQR Nelayan Rescue Training, Usman Mawardi menjelaskan, kegiatan JQR Nelayan Rescue Training ini bertujuan untuk memberikan sebuah pemahaman kepada para nelayan mengenai perilaku saling membantu apabila terjadi kecelakaan di laut.

JQR Nelayan Rescue Training yang digelar di Pantai Pangandaran, 11-13 Agustus 2023./IST
JQR Nelayan Rescue Training yang digelar di Pantai Pangandaran, 11-13 Agustus 2023./IST

Baca Juga: Cabbyan Davita, Siswi SMAN 7 Bandung jadi Paskibraka Nasional

"Jadi ketika ada masalah atau kecelakaan di laut, para nelayan tidak hanya mengandalkan tim Basarnas, Polairud, dan kepolisian saja, akan tetapi ada kesadaran dari nelayan kerelawanan untuk membantu penyelamatan," tuturnya.

Dikatakan Usman, para peserta dibekali pengetahuan materi maupun praktik, mulai dari materi-materi penyelamatan di laut. Pemateri dari kegiatan ini berasal dari pihak-pihak yang berkompeten seperti Polisi Air dan Udara Pangandaran, Pangkalan TNI Angkatan Laut Pangandaran dan Poltek KP Pangandaran.

Usman berharap dari pelaksanaan kegiatan ini para peserta bisa menyebarkan materi yang didapatkan ke nelayan lainnya. Tujuannya agar bisa meminimalisir korban kecelakaan di laut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x