Rahmat: Masyarakat Kian Paham Kode Etik Jurnalistik, Wartawan harus Hati-hati

- 27 Agustus 2020, 16:25 WIB
 Bupati Bandung H. Dadang M Naser saat meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan dan Uji Kompetensi Jurnalis di Hotel Sutan Raja Soreang Kabupaten Babdung, Rabu 26 Agustus 2020 sore.  Attachments area
Bupati Bandung H. Dadang M Naser saat meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan dan Uji Kompetensi Jurnalis di Hotel Sutan Raja Soreang Kabupaten Babdung, Rabu 26 Agustus 2020 sore. Attachments area /Engkos Kosasih/

GALAMEDIA - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung, H Rahmat Sudarmaji menyatakan seorang wartawan dituntut untuk terus meningkatkan wawasannya agar terhindar dari pelanggaran kode etik jurnalistik yang semakin dipahami masyarakat.

Menurutnya, saat ini masyarakat memiliki peluang untuk melakukan gugatan hukum ke Dewan Pers jika merasa dirugikan atas pemberitaan yang ditulis wartawan. Agar terhindar dari itu, maka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah menjadi sangat penting untuk diikuti semua wartawan profesional.

“Pasalnya, dengan UKW, wartawan akan lebih tahu rambu-rambu penulisan berita, sehingga lebih hati-hati menulis berita. Ujung-ujungnya wartawan dituntut untuk terus mengembangkan profesionalismenya,” ujar Rahmat kepada galamedia usai penutupan UKW di Hotel Sutan Raja Soreang, Kamis 27 Agustus 2020.

Baca Juga: Ormas GIBAS Geruduk Gedung DPRD Ciamis Pertanyakan Pengawasan BPNT

Menueutnya, UKW ini diikuti 20 wartawan dari berbagai media. Selama dua hari dari hari Rabu 26 Agustus 2020 sampai Kamis 27 Agustus 2020.

UKW dibuka Asisten Administrasi Pemkab Bandung Erick Juriara mewakili Bupati Bandung Dadang Naser.

Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Erick mengajak kepada para wartawan untuk lebih meningkatkan sinergitas dengan pihak pemerintah Kabupaten Bandung demi peningkatan pembangunan di segala bidang.

“Diakui selama ini kehadiran wartawan sangat membantu kesuksesan pembangunan. Kalau pun ada satu dua pemberitaan yang merugikan pihak pemerintah itu hanya sekadar salah informasi saja, sehingga bisa diselesaikan dengan rasa kebersamaan,” ujarnya.

Baca Juga: Uu : Jabar Siap Gelar KBM Tatap Muka, Ajay : Tak Ingin Gegabah

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x