Apa Itu Rangka eSAF pada Sepeda Motor Honda? Simak Penjelasannya

- 23 Agustus 2023, 08:06 WIB
Apa itu rangka eSAF yang digunakan di motor Honda? Simak kelebihannya
Apa itu rangka eSAF yang digunakan di motor Honda? Simak kelebihannya / astra-honda.com/

GALAMEDIANEWS – Rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame motor skutik Honda sedang viral diperbincangkan warganet gegara dituding mudah karatan dan keropos.

eSAF adalah rangka anyar yang diaplikasikan perusahaan otomotif Honda untuk produk motor terutama matic sejak tahun 2019 melalui skutik Genio.

Rangka eSAF merupakan common part atau komponen bersama yang digunakan juga di model-model skutik Honda selanjutnya, seperti BeAT, Scoopy, dan model terbaru Vario 160. Rangka biasa umumnya tidak common part atau diproduksi untuk jenis motor tertentu saja.

Baca Juga: Inilah Daftar Motor Honda Yang Menggunakan Rangka eSAF, Disebut Mudah Berkarat dan Patah

Dari perspektif arsitektur, rangka eSAF tentu berbeda dibandingkan dengan rangka biasa. Jika rangka biasa memakai batang-batang besi pipa yang disusun menjadi satu rangka utuh, sedangkan rangka eSAF menggunakan pelat baja yang di-press dan disambungkan melalui pengelasan laser.

Honda mengklaim bahwa rangka eSAF yang dimilikinya mempunyai banyak keunggulan.

Keunggulan Rangka eSAF Honda:

  1. Bobot lebih ringan.

Keunggulan utama dari rangka eSAF adalah bobot yang lebih ringan daripada rangka tube biasa. Contohnya pada Honda Genio, teknologi eSAF berhasil mengurangi bobot rangka menjadi lebih ringan.

Rangka eSAF hanya memiliki berat 11 kg, sedangkan rangka tube pada model skutik Honda sebelumnya mencapai 15 kg. Reduksi bobot ini berkontribusi pada kenyamanan dan kemudahan dalam manuver saat pengendaraan.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: heronusahonda.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x