Indonesia di Gerbang Resesi Ekonomi, Luhut Binsar Panjaitan: Itu Bukan Akhir dari Segala-galanya

- 31 Agustus 2020, 06:44 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan /

GALAMEDIA - Tanda-tanda Indonesia bakal menghadapi resesi kian terbuka. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan meminta masyarakat tidak cemas dengan ancaman resesi ekonomi.

"Kami jangan ditakut-takuti kalau ada sampai negatif di kuartal III ini. Kami berjuang sekuat kuatnya. Tapi kalau itu pun terjadi, itu bukan akhir dari segala-galanya," kata Luhut saat menjadi Keynote Speaker dalam Kickoff Program Bank Indonesia dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Ahad 30 Agustus 2020.

Luhut juga menegaskan dibandingkan dengan negara-negara maju dan berteknologi tinggi, Indonesia akan lebih cepat dalam melakukan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 (virus corona).

Baca Juga: Video: Polisi Bekuk Pelaku 'Kekerasan Seksual Brutal dan Kurang Ajar' di Anjungan Kereta Bawah Tanah

Dalam obrolannya dengan Bank Dunia (World Bank) pada Sabtu 29 Agustus 2020, Luhut mengatakan Indonesia kecepatan pemulihan itu terjadi karena pertumbuhan ekonominya bergantung dengan konsumsi yang kontribusinya mencapai 58 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

"Mereka sebut Indonesia lebih mudah recovery karena memiliki komposisi pertumbuhan ekonomi didominasi oleh konsumsi, dibandingkan negara-negara lain yang hanya manfaatkan tekonologi saja. Makanya kami siapkan ini. Apalagi UMKM ini bisa jadi pendorong konsumsi domestik," katanya.

Menurutnya, dengan kombinasi sektor konsumsi yang ditopang UMKM serta pengembangan teknologi informasi yang dimiliki, ekonomi Indonesia akan lebih mudah pulih.

Baca Juga: Ingin Keroyok China, Diam-diam Kapal Perang India Gabung Amerika Serikat di Laut China Selatan

Karena itu lah, Luhut meminta semua pihak memupuk semangat inovasi dan tak pesimistis dengan kondisi saat ini. Sebab, dalam hidup, kata dia optimisme sangat penting supaya Indonesia bisa keluar dari tekanan.

"Itu saya alami dalam perjalanan karir saya. Dalam keadaan yang sulit pun saya tetap optimistis, pasti saya dapat solusi untuk menyelesaikan masalah itu," tuturnya.

Luhut juga mengklaim saat ini ini lebih dari seribu anak muda Indonesia telah bekerja sama mengembangkan inovasi berbasis teknologi dalam mendorong UMKM maupun penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: CPNS Siap-Siap, Tes SKB Mulai Berlangsung 1 September

"Kemarin saya video call dengan para anak muda dari semua platform itu. Mereka bertekad tidak hanya ingin ambil untung tetapi juga ingin memberikan yang terbaik untuk negeri," tandasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x