UNS Kembangkan Ekstrak Minyak Sacha Inchi Jadi Alternatif Pencegah Stunting

- 25 September 2023, 13:05 WIB
Pengembangan ekstrak Minyak Sacha Inchi jadi alternatif pencegah stunting./dok UNS
Pengembangan ekstrak Minyak Sacha Inchi jadi alternatif pencegah stunting./dok UNS /

 

GALAMEDIANEWS - Ekstrak minyak kacang Sacha inchi menjadi alternatif pencegah stunting. Hal ini hasil dari pengembangan yang dilakukan Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Eksakta (RE), Fakultas Pertanian (FP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Mengangkat judul “Enkapsulasi Ekstrak Minyak Kacang Sacha Inchi (Plukenetia volubilis) sebagai Alternatif Pencegahan Stunting”, tim ini berisikan mahasiswa dan dosen pembimbing dari Fakultas Pertanian UNS.

Tim PKM RE UNS ini dibimbing oleh Asri Nursiwi, S.T.P., M.Sc. dan beranggotakan Alvien Gusti Prasditio, Amalia Brilian Sekar Taji, Anis Azkiya Qoulany, dan Shalsha Putri Mayang Sari.

Baca Juga: 7 SMA islam terbaik di Jabodetabek, Punya Nilai UTBK yang Tinggi Versi LTMPT

Kegiatan PKM RE UNS tersebut didukung melalui pendanaan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mereka melakukan inovasi alternatif pencegahan stunting dengan memanfaatkan ekstrak minyak kacang sacha inchi. PKM RE merupakan jalur yang tepat untuk memahami dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai konsep riset yang benar.

Seperti diketahui, Stunting menjadi masalah kesehatan global dan diderita sekitar 165 juta anak di seluruh dunia. Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan, prevalensi stunting balita Indonesia mencapai 24,4% pada 2021. Artinya, hampir 1 dari 4 balita mengalami stunting.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x