Serangan Udara Israel Hantam Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Satu Kru Medis Tewas

- 7 Oktober 2023, 18:48 WIB
Ilustrasi serangan udara Israel ke Palestina
Ilustrasi serangan udara Israel ke Palestina /Mohammad Salem/Reuters/
 

 
GALAMEDIANEWS - Rumah Sakit Indonesia yang terletak di Jalur Gaza utara menjadi sasaran serangan udara militer Israel pada Sabtu (7/10). 
Dalam serangan yang mengguncang dunia, satu orang kru medis tewas di Rumah Sakit Indonesia, dan beberapa bagian rumah sakit mengalami kerusakan serius.

Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, yang pertama kali dibuka pada 27 Desember 2015, mendapat dana pembangunan sekitar Rp130 miliar dari sumbangan masyarakat Indonesia. Fasilitas kesehatan ini memiliki kapasitas 110 tempat tidur dan terletak di puncak bukit di luar Jabalya, kamp pengungsi terbesar di Gaza.

Baca Juga: Presiden Palestina Mahmoud Abbas: Kami Memiliki Hak untuk Membela Diri terhadap Terorisme Penjajahan Israel

Serangan udara yang menargetkan rumah sakit ini terjadi sebagai bagian dari ketegangan yang telah berlangsung lama antara Israel dan Palestina. Pejuang Hamas meluncurkan ribuan roket ke wilayah Israel pada hari yang sama, memicu serangan balasan Israel.

Menurut laporan Al Jazeera, Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan setidaknya satu orang tewas dalam serangan tersebut, sementara sejumlah orang lainnya mengalami luka-luka. Yang tewas adalah seorang kru medis Palestina yang berdedikasi.

Konflik berkepanjangan di wilayah Palestina-Israel telah menyebabkan kerusakan infrastruktur yang signifikan dan korban jiwa. Perlindungan bagi para pekerja medis dan fasilitas medis menjadi isu kritis dalam situasi seperti ini.

Baca Juga: Serangan Besar-besaran Palestina, Sejumlah Tentara Israel Tewas dan Ada yang Ditawan

Serangan udara Israel yang mengenai Rumah Sakit Indonesia di Gaza adalah bagian dari serangkaian tindakan yang terjadi dalam konflik yang belum ada tanda-tanda berakhir. Dunia internasional terus memantau perkembangan situasi ini dengan keprihatinan.***

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x