Perbandingan CPU Terbaru Intel 14900K Gen 14 dengan Intel 13900KS Gen 13 dan AMD 7950 X

- 24 Oktober 2023, 16:32 WIB
Ilustrasi CPU Intel pada Motherboard Asus ROG.
Ilustrasi CPU Intel pada Motherboard Asus ROG. /Christian Wiediger/unsplash/

GALAMEDIANEWS - Intel baru-baru ini mengumumkan dan meluncurkan CPU generasi ke-14 mereka, yang telah dinantikan oleh para penggemar teknologi. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam kinerja CPU baru ini, terutama membandingkannya dengan model 14900K dan 13900KS. Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda memahami sejauh mana CPU baru ini dapat bersaing seperti dengan Arm dan Nvidia, terutama dengan lawan utamanya, AMD 7950X.

Generasi ke-14 vs. Generasi Sebelumnya

Pertanyaan pertama yang muncul adalah apakah perlu meng-upgrade ke CPU generasi ke-14. Bagi mereka yang telah menggunakan CPU generasi ke-13, terutama model i7 atau i9, kemungkinan besar tidak ada alasan untuk mempertimbangkan CPU generasi ke-14 ini.

Peningkatan kinerja pada "Generasi Baru" ini minimal, sehingga lebih terlihat seperti CPU generasi ke-13 dengan sedikit tambahan fitur. Intel memiliki sejarah memperpanjang umur arsitekturnya, seperti yang mereka lakukan dengan seri 4,000, 9,000, dan 8,000 dengan menambahkan "plus" ke namanya.

Baca Juga: Nvidia dan AMD Bersaing dengan Intel dalam Industri Manufaktur CPU Arm

Pengujian Kinerja 14900 K

Untuk mengukur kinerja 14900 K, kami melakukan serangkaian uji benchmark. Uji ini mencakup berbagai utilitas yang khusus untuk CPU, yang sebagian besar dapat diunduh secara gratis. Dalam pengujian ini, kami menggunakan Time Spy Extreme, yang merupakan satu-satunya benchmark berbayar di dalam pengujian kami. Benchmark yang komprehensif ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan kinerja CPU mereka dengan skor-skor ini.

Kami menjalankan pengujian 14900 K pada komputer PC Falcon Northwest, yang menyediakan desktop kustom dengan casing buatan sendiri. Penting untuk dicatat bahwa ulasan Intel dapat dipengaruhi oleh produsen motherboard seperti Asus, yang sering mendorong CPU melebihi batas daya yang direkomendasikan oleh Intel.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: YouTube JayzTwoCents


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x