Demonstran Pro-Palestina Halangi Kapal Militer AS yang Mengangkut Senjata untuk Israel

- 7 November 2023, 15:52 WIB
 Seorang pengunjuk rasa melihat ke Pelabuhan Tacoma, Washington, tempat kapal Cape Orlando berlabuh pada 6 November.
Seorang pengunjuk rasa melihat ke Pelabuhan Tacoma, Washington, tempat kapal Cape Orlando berlabuh pada 6 November. /Lindsey Wasson/AP Photo/

GALAMEDIANEWS - Ratusan demonstran pro-Palestina berkumpul di Pelabuhan Tacoma, Washington AS, untuk mencegah kapal pasokan militer meninggalkan pelabuhan menuju Israel. Para demonstran mencurigai bahwa kapal tersebut membawa senjata yang ditujukan untuk Israel, yang kemungkinan bisa digunakan dalam kampanye Israel yang sedang berlangsung melawan Jalur Gaza. Protes-protes ini merupakan kali kedua tindakan semacam itu terjadi, dengan demonstrasi serupa berlangsung di California.

"Kami ingin gencatan senjata sekarang. Kami ingin orang berhenti dibunuh sekarang. Kami ingin pemeriksaan dan tindakan nyata terhadap kebijakan luar negeri AS dan pendanaan AS untuk Israel," kata Wassim Hage, seorang demonstran dan manajer kasus serta koordinator kerja sama masyarakat dengan Arab Resource and Organizing Center (AROC), kelompok advokasi yang mengorganisir protes-protes ini.

Hage mengungkapkan bahwa sumber rahasia telah memberi tahu AROC, menyarankan bahwa kapal tersebut akan dimuat dengan senjata dan peralatan militer untuk serangan militer Israel di Gaza. Namun, klaim-klaim ini tidak bisa segera dikonfirmasi.

Baca Juga: Perang Israel-Palestina, Siapa yang harus Didukung?

Dalam email kepada publikasi tersebut, Jeff Jurgensen, juru bicara Pentagon, mengakui bahwa kapal itu digunakan untuk mendukung "pergerakan kargo militer AS," tetapi menolak memberikan informasi lebih lanjut, dengan alasan keamanan operasional.

Para demonstran di Tacoma mewakili berbagai usia dan latar belakang, mengibarkan bendera Palestina, menampilkan spanduk-spanduk dengan slogan seperti "Bela Gaza," dan meneriakkan "Bebaskan Palestina." Mereka menggunakan berbagai taktik, termasuk menggunakan sepeda, mobil dengan lampu bahaya, dan bahkan perahu kano seremonial untuk menghalangi keberangkatan kapal.

Protes-protes ini mencerminkan kekhawatiran yang semakin meningkat terhadap bantuan militer AS kepada Israel. Presiden Joe Biden baru-baru ini meminta lebih dari $14 miliar bantuan kepada Israel, selain dari $3,8 miliar yang sudah dijanjikan untuk tahun 2023. Amerika Serikat telah lama menjadi penyedia bantuan militer kepada Israel, mendukung sekitar 16% dari anggaran pertahanan Israel.

Baca Juga: Krisis Israel Terungkap: Netanyahu Menyalahkan Pemberontakan Pasukan Cadangan Israel atas Serangan Hamas

Meskipun jenis senjata yang ditransfer dari AS ke Israel tetap dirahasiakan, para ahli meyakini ada kemungkinan besar senjata AS digunakan dalam konflik di Gaza. Kurangnya transparansi mengenai transfer senjata ke Israel telah menimbulkan kekhawatiran di antara kelompok advokasi dan organisasi hak asasi manusia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x