Keutamaan dan Keistimewaan Bumi Palestina dalam Islam yang Wajib Diketahui

- 9 November 2023, 21:27 WIB
Keutamaan dan keistimewaan Palestina.
Keutamaan dan keistimewaan Palestina. /Pixabay @pompi/

GALAMEDIANEWS - Berikut keutamaan dan keistimewaan Palestina yang patut untuk kalian ketahui, khususnya bagi kaum Muslim. Pasalnya, Palestina sangat penting bagi agama Islam, salah satunya terdapat Masjid Al-Aqsa.

Palestina yang saat ini menjadi sorotan warganet karena perang yang semakin panas dengan Israel ternyata memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaaan dalam sejarah peradaban Islam, sangat penting bagi kami, khususnya umat Islam untuk mengetahuinya.

Lantas, apa saja keutamaan dan keistimewaan Palestina? Berikut Galamedianews sajikan keutamaan dan keistimewaan bumi Palestina yang wajib untuk kalian ketahui, dilansir dari kanal YouTube TAMAN SURGA OFFICIAL, pada Kamis, 9 November 2023.

Baca Juga: HAMAS Sambut Israel di Gaza Utara, Warga Sipil Palestina Mengungsi



Keutamaan dan Keistimewaan Palestina



1. Negeri Para Rasul

Palestina juga dikenal dengan negeri para nabi atau ambia, hal tersebut disebutkan dalam sejarah bahwa Palestina menjadi lokasi yang pernah ditempati dan disinggahi oleh para nabi utusan Allah SWT.

Para nabi yang memiliki ikatan kuat dengan negeri Syam (salah satunya Palestina) adalah Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishaq, Nabi Musa, Nabi Yaqub, Nabi Luth, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, hingga kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Masjid Al-Aqsa

Keutamaan lain bumi Palestina adalah karena di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam. Seperti yang diketahui, masjid tersebut atau Baitul Maqdis adalah salah satu dari tiga masjid yang diberkahi Allah SWT.

Dua masjid lainnya yang mulia dan diberkahi Allah SWT adalah Masjidil Haram yang berlokasi di Kota Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Mekah dan Madinah pun merupakan kota yang diberkahi karena memiliki sejarah yang berarti dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

3. Di Doakan Nabi Muhammad SAW

Sebagai umat Islam, kita semua tahu bahwa doa Nabi Muhammad tidak akan ditolak dan pasti diijabah oleh Allah SWT. Nah, Palestina mendapatkan keberkahan melalui doanya Rasulullah SAW.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Ibnu Umar, Rasulullah SAW pernah berdoa meminta keberkahan negeri Syam atau Palestina. “Ya Allah, berikanlah keberkahan bagi kami, negeri Syam dan Yaman.”

Baca Juga: Memahami Apa itu Normalisasi Hubungan Saudi-Israel dan Kaitannya dengan Jalur Gaza Palestina Sekarang

4. Negeri yang Berkah

Bumi Palestina juga menjadi tempat yang diberkahi, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surah Al-Anbiya ayat 71, yang artinya: "Dan Kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Lut ke sebuah negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam."

Tak hanya itu, keberkahan Palestina juga disebutkan dalam surah Al-Isra ayat pertama yang artinya "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami."

5. Tempat yang Sunnah di Ziarahi

Negeri Palestina juga menjadi tempat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk di ziarahi, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Dan janganlah kamu melakukan perjalanan jauh kecuali untuk mengunjungi tiga masjid: Masjidil Haram, Masjidil Aqsha dan Masjid Nabawi," (HR Bukhari).***

Editor: Feby Syarifah

Sumber: YouTube Taman Surga Official


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x