Pengamat Lingkungan UNPAD Soroti Soal TPA Sarimukti Bermasalah dan Sentil DLH Jabar

- 5 Desember 2023, 16:22 WIB
TPA Sarimukti /Foto :Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS //
TPA Sarimukti /Foto :Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS // /

GALAMEDIANEWS - Pengamat Lingkungan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Professor Chay Asdak menyoroti terkait pencemaran lingkungan yang disebabkan tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menurut Prof Chay, penyebab pencemaran lingkungan tersebut dikarenakan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar tidak melakukan pengelolaan TPA Sarimukti sesuai Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL) dengan baik.

"Memasuki musim hujan, isu terkait Air Lindi B3 TPA Sarimukti menjadi hal krusial yang perlu dicermati karena pencemarannya kemungkinan akan meluas," ujar Prof. Chay saat dihubungi, Selasa, 5 Desember 2023.

Selain Lindi B3 merupakan ancaman, Prof Chay menilai, DLH Jabar tidak melakukan upaya pengelolaan dengan penuh kesungguhan sebagaimana rekomendasi yang ada dalam Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Baca Juga: Kebakaran TPA Sarimukti Padam, Bey Machmudin Sebut Status Darurat Sampah Diberhentikan

"Jadi dalam penempatan penentuan titik lokasi di Sarimukti itu kan dulu ada atau diwajibkan disertai dengan kajian analisis mengenai dampak lingkungan, wajib itu diatur dalam peraturan pemerintah," ucapnya

Dijelaskan Prof. Chay, bahwa kajian AMDAL menghasilkan RKL-RPL yang mengatur mekanisme pengelolaan di TPA Sarimukti. Namun, tidak dilakukan dengan baik oleh Pemprov Jabar, khususnya DLH Jabar.

"Harus dilakukan pada TPA Sarimukti itu agar tidak menjadi bencana dan mengganggu lingkungan. Salah satunya yang sekarang kaitannya dengan Air Lindi B3, yang kedua adalah yang kemarin longsor menimbulkan korban jiwa," tuturnya.

Terkait dengan kondisi TPA Sarimukti saat ini, Prof Chay menyebutkan akan adanya permasalahan serius yang terjadi tidak hanya dari sisi terbatasnya wilayah. Tetapi terkait dan besarnya volume sampah.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x