Pasok Senjata dan Pasukan ke Garis Depan, Tentara China Siap Serang India di Daerah Perbatasan

- 16 September 2020, 15:08 WIB
Tentara China di kawasan Perbatasan dengan India. /

GALAMEDIA - Pasukan militer China meningkatkan kesiapan tempur mereka di perbatasan negara yang disengketakan dengan India.

Dilansir South China Morning Post Rabu 16 September 2020, level dinaikan hingga posisi kedua pekan ini.

Sebelumnya ketegangan kembali terjadi usai baku tembak pekan lalu. Level dua berarti, China telah memasok banyak senjata dan pasukan ke garis depan, di mana latihan juga telah ditingkatkan untuk komandan, perwira dan tentara.

"Level setinggi itu terakhir kali digunakan oleh pasukan di wilayah yang disengketakan pada tahun 1987, ketika pertempuran kecil di lembah Sumdorong Chu mendorong kedua belah pihak ke ambang perang," kata salah seorang sumber media Hong Kong itu.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Ngaku Merinding, Syekh Ali Jaber Beberkan Insiden Penusukan Secara Detail

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) memiliki empat tingkat kesiapan tempur. Tingkat pertama hanya digunakan jika para pemimpin militer yakin bahwa konflik bersenjata tidak dapat dihindari.

Komando Teater Pusat PLA juga sebelumnya telah mengatakan bahwa mereka menerima perintah untuk mengerahkan lebih banyak senjata dan pasukan ke dataran tinggi, dan memulai serangkaian latihan fisik dan teknis. Pengakuan itu dimuat di Weibo pada 8 September, sehari setelah baku tembak terjadi.

"Sejak tingkat kesiapan tempur dinaikkan, komandan, perwira dan tentara telah bekerja sepanjang waktu, melakukan pelatihan dan latihan ekstra," kata sumber itu.

Baca Juga: Ngaku Darah Mendidih Tahu Syekh Ali Jaber Ditusuk, Ustadz Yahya Waloni Siap Pimpin Perangi Komunis

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X