Sampah Selama Malam Tahun Baru di Kota Bandung Didominasi di Titik Keramaian

- 2 Januari 2024, 16:50 WIB
Sampah selama malam tahun baru di Kota Bandung mencapai 60 ton.
Sampah selama malam tahun baru di Kota Bandung mencapai 60 ton. /bandung.go.id/

GALAMEDIANEWS - Sampah yang terkumpul selama malam perayaan Tahun Baru 2024 di Kota Bandung mencapai sekitar 64 ton. Sampah tersebut didominasi di titik keramaian seperti Alun-alun Bandung, Monumen Perjuangan, Gasibu, Tegalega, hingga Alun-alun Ujungberung.

Kepala DLH Kota Bandung Dudy Prayudi di Bandung, Selasa 2 Januari 2023, menuturkan, meski demikian sampah tersebut sampai menimbulkan penumpukan sampah di sejumlah tempat penampungan sementara (TPS).

“Sampah sebanyak 64 ton tersebut masih dapat terkendali dan tidak berdampak pada TPS di Kota Bandung,” katanya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Di Awal 2024, Arsan Latif Sebut Anggaran Tanggungjawab Sekda dan KPD hingga Singgung Soal Etika

Dudy mengaku, pihaknya kini terus menyosialisasikan dan memberi edukasi kepada masyarakat untuk mengolah sampah secara mandiri. Sebab keberadaan TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat sudah tidak mampu menampung sampah secara optimal.

"Perlu peran semua pihak untuk sama-sama kelola sampah mandiri sehingga organik dan anorganik selesai tinggal residu angkut ke TPA," katanya.

Sementara untuk mengatasi persoalan sampah, DLH Kota Bandung menerjunkan sebanyak 472 petugas kebersihan. Seluruh sampah organik akan langsung diangkut menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Gedebage untuk dilakukan pemrosesan, pemilahan, dan pengolahan sampah.

Baca Juga: Detoksifikasi Tubuh Usai Liburan Perlu Dilakukan, Begini Caranya

"Nantinya yang kita buang ke TPA tinggal sampah residu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x