Pasca Gempa Sumedang, Kemenkumham Jabar Beri Therapy Healing Petugas dan Warga Binaan Lapas Sumedang

- 2 Januari 2024, 19:45 WIB
Kakanwil Kemenkumham Jabar Andika tinjau langsung Lapas Sumedang dan berikan trauma healing kepada pegawai dan warga binaan /Foto : Humas Kemenkumham Jabar //
Kakanwil Kemenkumham Jabar Andika tinjau langsung Lapas Sumedang dan berikan trauma healing kepada pegawai dan warga binaan /Foto : Humas Kemenkumham Jabar // /



GALAMEDIANEWS - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jabar meninjau langsung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sumedang Pasca Gempa Bumi.

Menurut Andika,  trauma healing diberikan kepada seluruh Pegawai Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sumedang.

"Dengan bercengkrama dan bersenda gurau, diharapkan seluruh pegawai dan WBP dapat melupakan kejadian Gempa Bumi yang terjadi beberapa waktu yang lalu, ini menjadi penting dalam memberikan penguatan mental," ujar Kakanwil Kemenkumham Jabar, Andika pada Selasa, 2 Januari 2024.

Baca Juga: Masa Depan Indonesia di Tangan Pemilih Pandai

Dijelaskan Andika, bahwa Lapas Sumedang termasuk Objek Vital. Sehingga, diperlukan perhatian khusus dari Pemerintah Daerah (Pemda) dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh bangunan Gedung dan Kantor oleh BNPB dan Dinas PUPR Kabupaten Sumedang.

Dari hasil pantauan, kata Andika, terdapat retakan halus pada area diantaranya Kamar Mandi Disabilitas, Kamar Mandi Kunjungan, Ruang Kunjungan, Area Brandgang, Pintu Masuk Blok Asahan 5 dan 6, serta Atap Blok Asahan (bergelombang).

"Langkah yang telah diambil oleh Kemenkumham Jabar dan Lapas  Sumedang yaitu telah dilakukan pemeriksaan terkait kelayakan bangunan dan perhitungan Ambang Batas Kerusakan oleh dinas PUPR dan BNPB,"ucapnya.

Selanjutnya, Andika menyebutkan, telah mengajukan usulan anggaran tanggap darurat renovasi perbaikan gedung dan bangunan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham.

" Kita mengusulkan pemindahan WBP Sementara sejumlah 60 orang ke Lapas terdekat," tuturnya.

Adapun upaya antisipasi gempa susulan, Andika menyampaikan, telah dibangun tenda darurat yang disediakan oleh TNI di dalam area Lapas Sumedang.

"Selain di Lapas Sumedang, pemantauan Pasca Gempa Bumi Sumedang juga dilakukan di RSUD Sumedang," katanya menandaskan.

Baca Juga: Cari Steak Makanan Murah di Bandung ? Cobalah 4 Steak ini Dijamin Anda akan Ketagihan

Sebagai informasi, Gempa Bumi yang mengguncang Sumedang masih terus berlanjut sampai saat ini, tercatat beberapa kali terjadi gempa. Tanggal 31/12/2023 : 1. Gempa Mag: 4,1 SR 14:35:34 WIB, 2. Gempa Mag: 3,4 SR 15:38:10 WIB, 3. Gempa Mag: 4,8 SR 20:34:24 WIB. Tanggal 01/01/2024 : 1. Gempa Mag: 4,5 SR 20:46:48 WIB.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: liputan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah