Misteri Suara Dentuman di DKI Jakarta Akhirnya Terkuak

- 21 September 2020, 21:28 WIB
Ilustrasi Suara dentuman/Suara/Foto/Freepik
Ilustrasi Suara dentuman/Suara/Foto/Freepik /


GALAMEDIA - Misteri suara dentuman yang sempat membuat heboh warga DKI Jakarta, Ahad 20 September 2020, akhirnya terkuak.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Fajar Adrianto mengatakan suara dentuman yang sempat terdengar di sekitar wilayah Jakarta berasal dari satuannya di kawasan Halim Perdanakusuma.

Disebutkan, suara dentuman yang sempat menggemparkan hampir setengah warga Jakarta itu berasal dari tradisi penerimaan prajurit baru di Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

Baca Juga: Ratusan Ribu Peserta Prakerja Dicabut, Dana Rp 6,39 Triliun Terpaksa Dikembalikan ke Negara

"Iya itu dari Paskhas, TNT, mereka sedang ada kegiatan (penerimaan anggota baru)," kata Fajar Senin 21 September 2020.

Suara itu kata Fajar berasal dari bom yang hanya menghasilkan suara bukan bersifat menghancurkan sehingga tidak akan berbahaya meski dentumannya cukup keras.

"Itu bomnya bukan bom itu, TNT hanya blast suara saja," kata dia.

Dalam penerimaan anggota baru pasukan khusus TNI AU itu, kegiatan hal seperti itu rutin terjadi. Setiap paginya para anggota baru itu akan dilakukan pendadaran.

"Dikasih bom suara, tapi bukan bom yang menghancurkan gitu, itu bom semacam nitrogen trineterolemun," katanya.

Baca Juga: Tiba dari Jambi Ibu Tersangka Diperiksa Polisi, Ini Perkembangan Kasus Penyerangan Syekh Ali Jaber

Kegiatan itu sendiri menurut Fajar sudah selesai dilakukan. Dia memastikan tak akan ada suara dentuman seperti yang terjadi tadi malam.

Di lain pihak Peneliti Petir dan Atmosfer Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Deni Septiadi justru menduga dentuman misterius yang sempat terdengar di DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Selatan pada Ahad 20 Septemmber 2020 malam bukanlah aktivitas alami.

Pada Ahad malam, masyarakat Jakarta selatan khususnya di daerah antar Tegal Parang dan Kalibata mengaku mendengar suara dentuman keras nan misterius. Sejauh ini sudah ada tiga kali dentuman yang terjadi di Pulau Jawa sepanjang 2020.

Baca Juga: Pemerintahan Jokowi Masa Kelam Bagi Guru Honorer di Indonesia, PGRI: Jauh dari Zaman SBY

"Dari semua catatan dentuman sepanjang tahun 2020, baik alami non-alami secara pribadi saya sendiri tetap meyakini sumber suara dentuman adalah sumber suara non-alami," kata Deni.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x