Menengok Keberhasilan Budidaya Maggot di Kelurahan Sukamiskin Bandung

- 27 Januari 2024, 14:00 WIB
Budidaya maggot berada di samping Kantor Kelurahan Sukamiskin di Jalan Pacuan Kuda No. 204, Sukamiskin.
Budidaya maggot berada di samping Kantor Kelurahan Sukamiskin di Jalan Pacuan Kuda No. 204, Sukamiskin. /Dok. bandung.go.id/

GALAMEDIANEWS - Budidaya maggot di Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung mulai menuai hasil. Panen kasgot atau pupuk hasil kotoran maggot di kelurahan ini sempat mencapai 200 kilogram.

Kisaran harga kasgot di marketplace berkisar antara Rp1.000 hingga Rp14.000 per kilogram.

"Sekali panen ini paling sedikit dapat 1 kwintal kasgot. Beberapa hari lalu, kita baru saja panen sekitar 2 kwintal, atau lebih tepatnya 220 kilo kasgot," tutur Pengelola Budidaya maggot di Kelurahan Sukamiskin, Wawan Setiawan.

Baca Juga: Masuk Peringkat Nasional, 3 SMA Terbaik di Kabupaten Pemalang Ini Bisa Menjadi Sekolah Favorit Saat PPDB 2024

Baca Juga: Pesan Prabowo Subianto ke Emak-Emak di Subang: Awasi Jangan Ada yang Merusak Surat Suara!

Wawan menjelaskan, budidaya maggot berada di samping Kantor Kelurahan Sukamiskin di Jalan Pacuan Kuda No. 204, Sukamiskin.

Di tempatnya, membutuhkan sampah organik sekitar 1 ton per hari. Sedangkan maggot membutuhkan 10 hari untuk berkembang biak.

"Jadi asumsinya selama 10 hari, kita habis 10 ton sampah organik. Itu kita sebarkan di setiap biopon, satu biopon isinya satu gram maggot," jelas Wawan.

Baca Juga: Sedang Berada di Solo? 3 Tempat Wisata Hits Instagramable dengan View Bagus Berikut Ini Wajib Dicoba

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x