Wabah Polio 1950 Ditakuti di Seluruh Dunia

- 21 Februari 2024, 10:50 WIB
ILUSTRASI - Sejarah wabah polio./foto pexels.com @Anna Shvets
ILUSTRASI - Sejarah wabah polio./foto pexels.com @Anna Shvets /

GALAMEDIANEWS - Wabah Polio yang menyerang kita sekitar 70 an tahun yang lalu ini ditakuti, karena hampir menyerang seluruh negara di bumi, dan telah menewaskan ribuan nyawa.

Namun, seiring berkembangnya zaman, wabah ini hampir punah dari permukaan bumi. Semua berkat imunisasi yang ditemui oleh Jonas Salk.

Baca Juga: Link Penting agar Lolos Beasiswa Luar Negeri di Tahun 2024: Mencari Kampus dan Jurusan Terbaik!

Ia yang membuat masyarakat kini terhindar dari penyakit polio. Vaksin yang ia temui bersama timnya ini, telah dipakai di seluruh negara.

Di tahun 1950 an, polio menjadi salah satu wabah penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Puncaknya tahun 1952, terjadi 58 ribu kasus polio di AS, yang memakan korban 3000 nyawa.

Bahkan Presiden Amerika Serikat, Franklin D.Roosevelt, turut menjadi korban penyakit ini, hingga mengalami kelumpuhan permanen.

Poliomieltis (polio) adalah penyakit yang sangat menular, yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang system saraf, yang bisa menyebabkan kelumpuhan, atau bahkan kematian.

Baca Juga: Polio Belum Ada Obatnya, Tetapi Bisa Dicegah dengan Imunisasi

Satu dari 200 orang yang terinfeksi polio mengalami kelumpuhan ireversibel (biasanya di kaki). Beberapa di antaranya mesti menggunakan "paru-paru besi" karena otot pernafasanya tidak bisa digerakan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Instagram/@zeniuseducation


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x