Mahasiswa Bayar UKT Jangan Pakai Pinjol, Nuroji: Gunakan Dana Abadi Pendidikan

- 5 Maret 2024, 15:40 WIB
Ir. H. Nuroji M.Si usul penggunaan dana abadi agar mahasiswa bayar UKT tidak pakai Pinjol.
Ir. H. Nuroji M.Si usul penggunaan dana abadi agar mahasiswa bayar UKT tidak pakai Pinjol. /Tangkapanlayar Instagram/@bangnuroji/

GALAMEDIANEWS – Kabar sebuah kampus negeri terkenal di Kota Bandung, yang bekerjasama dengan perusahaan pinjaman online (pinjol) sempat ramai menuai kecaman. Pasalnya kampus tersebut memberikan solusi untuk mahasiswa, yang kesulitan membayar tunggakan UKT dengan cara melakukan pinjaman online. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Ir. H. Nuroji, M.Si memberikan masukan agar mahasiswa tidak terjerat pinjol.

Nuroji memberikan alasan mengapa mahasiswa jangan sampai, terjerat pinjol untuk membayar UKT. Tingginya bunga pinjol yang mencapai 20%, akan memberatkan kondisi ekonomi keuangan keluarga mahasiswa. Apalagi pihak kampus membuat bekerjasama dengan perusahaan pinjol, dan mengarahkan mahasiswanya untuk mengambil pinjol guna membayar UKT.

“Mengingat bunga mencapai 20% jangan diarahkan para mahasiswa untuk membayar UKT dengan yang namanya pinjol. Ini kan memberatkan apalagi ini ada kerja sama, kan lucu,” ujar Nuroji sebagaimana dikutip Galamedianews dalam cuitan akun X @Gerindra, 5 Maret 2024.

Baca Juga: Banyak Masyarakat Tidak Tahu Legalitas Pinjol, Cucun: Perlu Edukasi

Politisi Partai Gerindra tersebut mengusulkan, agar Dana Abadi Pendidikan (DAP) yang dinilai berlebih. Dapat disalurkan untuk para mahasiswa jenjang sarjana, yang kesulitan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Kalau mau bantu mahasiswa bantu dengan membuat kebijakan, dari dana abadi pendidikan yang jumlahnya sangat besar. Kenapa nggak ambil dari situ? Gunanya kan juga bisa untuk mengcover, yang gak mampu,” ucapnya.

 Bagi Nuroji sebagai anggota dewan Komisi X yang menangani bidang pendidikan, solusi tersebut dirasa dapat digunakan. Diketahui bahwa membayar UKT bagi sebagian kalangan mahasiswa, akan terasa sangat berat. Solusi tersebut dapat menjadi pertimbangan, agar generasi muda bangsa tidak terjerumus pinjol.

Baca Juga: Viral Nasabah Bunuh Diri Buntut Teror Pinjol Adakami yang Tidak Manusiawi

Banyak kasus yang melibatkan pinjaman online, membuat masyarakat yang terlilit akhirnya frustasi. Karena dirasakan cicilan hutang yang terakumulasi, jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai pinjamannya. Bahkan ditambah dengan metode penagihan cicilan hutang, yang dirasakan mengganggu kenyamanan hingga menimbulkan teror.

Dana Abadi Pendidikan adalah solusi yang dirasa, dapat mengsolusikan kesulitan para mahasiswa. Ditambah dengan nilai dana abadi yang berlebih, sehingga kampus dapat fokus untuk membentuk generasi bangsa. Mahasiswa pun dapat belajar dengan tenang, tanpa khawatir akan terjerat lilitan pinjol.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: X/ @Gerindra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x