Tuai Kontroversi! Bangunan Mirip Ka’Bah di Arab Saudi Bikin Gempar Umat Muslim Dunia, Begini Penampakannya

- 30 Maret 2024, 09:22 WIB
Penampakan Mukaab Mega proyek besutan Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman Al-Saud
Penampakan Mukaab Mega proyek besutan Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman Al-Saud /Tangkapanlayar YouTube Lensa Aswaja/
GALAMEDIANEWS – Umat Muslim tiba – tiba digegerkan dengan bangunan yang sangat mirip dengan ka’bah. Apakah itu pertanda akhir zaman dan kiamat akan segera datang.
 
Dilansir dari YouTube Lensa Aswaja  pada Sabtu, 30 Maret 2024. Mega proyek besutan Pangeran Arab Saudi yakni Muhammad bin Salman Al-Saud bernama Mukaab ini membuat dunia kaget dan berdecak kagum karena merupakan visi negara itu tahun 2030.
 
Ukurannya sangat menakjubkan sekali, yang mana bangunan ini bisa menjadi struktur tunggal terbesar di dunia yang dibangun dengna ruangan lantai interior yang bahkan mencapai 2.000.000 m2.
 
 
Mukaaab Baru sebutannya direncanakan akan menjadi pusat dari Arab Saudi yang dibangun di kota Riyadh. Proyek ini digagas oleh Perusahaan Pengembangan Murabba Baru yang mana sejak Kamis pekan lalu, Muhammad bin Salman masih menjadi Pangeran Arab Saudi dan Perdana Menteri merencanakan pembangunan ini. Kubus ini disinyalir akan memiliki tinggi 400 meter (1.302 kaki) dan lebar 400meter (1.302) pada keempat sisi.
 
Bangunan ini terinspirasi oleh gaya arsitektur Nadji yang modern, Mukaan memiliki taman di puncak gedungnya. Namun, ditengah proses pembangunannnya bangunan ini sangat menuai kontroversi.
 
Bukan tanpa sebab, Mukaab sangat menyerupai ka’bah, jadi apa maksud dibangunnya bangunan ini dan berbentuk kubus. Ada yang menyebut ini ka’bah baru.
 
 
Bangunan ini didanai oleh Dana Investasi Publik (PIF), Arab Saudi dan menjadi bagian dari proyek Pengembangan Murabba Baru (NDMC).
 
Mukaab nantinya akan dipergunakan untuk hotel premium, termasuk adanya atraksi, ritel, budaya, dan wisata. Tentu kalau dilihat bangunan ini sangat megah dan luas.
 
Rasulullah pernah bersabda kalau pada akhir zaman ini banyak orang yang akan membangun gedung tinggi.  Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ini terjadi saat Rasulullah berkata kepada Jibril AS saat ditanya kapan terjadinya harti kiamat, dan Rasulullah bersabda:
 
عن عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه قال:... فأخبرني عن الساعة قال: ما المسئول عنها بأعلم من السائل قال : فأخبرني عن أماراتها قال أن تلد الأمة ربتها وأن ترى الحفاة العراة العالة رعاء الشاء يتطاولون في البنيان
 
"Lelaki itu berkata lagi, "Beritahukan kepadaku kapan terjadinya Kiamat." Nabi SAW menjawab, "Yang ditanya itu tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya." Dia pun bertanya lagi, "Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!" Nabi menjawab, "Jika budak wanita ini telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (telanjang) serta penggembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi." (HR Muslim) 
 
"Dan engkau telah menyaksikan orang yang tidak memakai sandal, telanjang lagi miskin yang menggembala domba, berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi."
 
Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Abbas: "Wahai Rasulullah, dan siapakah para pengembala, orang itu yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu?" Beliau menjawab, "Orang Arab.

Dalam hadits riwayat Bukhari dari Abu Hurairah menjelaskan Rasulullah bersabda: "Tidak akan datang hari kiamat juga hingga manusia berlomba-lomba meninggikan bangunan."

Al Hafizh Ibnu Hajar Al – Asqalani telah menjelaskan makna berlomba ini artinya meninggikan bangunan adalah setiap orang yang membangun rumah ingin agar rumahnya lebih tinggi  daripada yang lain, atau berbaga dengan memperluas dan memperindahnya.

Yusuf bin Abdillah bin Yusuf Al-Wabil dalam kitab Asyraathus Saa'ah menjelaskan banyak yang dari mereka ini telah tunduk pada dunia dan telah berlomba untuk mengumpulkan harta dan menggunakannya pada tempat yang memang tidak layak.

Hingga orang badui atau yang lain dari orang fakir ini dilapangkan juga untuk memperoleh dunia seperti yang lain, dari mendirikan bangunan bertingkat dan berlomba dengan membangunnya.

Pada masa sekarang apa yang telah dikatakan Rasulullah juga sudah menjadi nyata kalau banyak bangunan pencakar langit yang sangat megah dan saling menyaingi satu sama lain.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Youtube Lensa Aswaja


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x