Imbas Banjir-Longsor Cipongkor, BPBD KBB Catat Total Pengungsi di 2 Kecamatan Berjumlah 2.298 Jiwa

- 2 April 2024, 17:29 WIB
BPBD KBB mencatat sebanyak 2.298 pengungsi dari dua kecamatan Cipongkor dan Rongga akibat bencana Banjir-longsor./Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS
BPBD KBB mencatat sebanyak 2.298 pengungsi dari dua kecamatan Cipongkor dan Rongga akibat bencana Banjir-longsor./Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS /



GALAMEDIANEWS - Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Meidi mengatakan total jumlah pengungsi akibat banjir dan longsor saat ini berjumlah 2.298 jiwa.

Jumlah tersebut merupakan total keseluruhan dari bencana yang terjadi di dua kecamatan yakni Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Jawa Barat.

Untuk Kecamatan Cipongkor terdiri dari Desa Cibenda, Desa Sinargalih dan Desa Sarinagen. Sedangkan Kecamatan Rongga yakni Desa Cibitung, Desa Sukaresmi dan Desa Cinengah.

"Total pengungsi di dua kecamatan itu saat ini terdata sebanyak 2.298 jiwa," ujar Kalak BPBD KBB, Meidi saat ditemui diposko pengungsian pada Selasa 2 April 2024.

Baca Juga: Berkah Tanpa Batas, Assyifa Peduli Luaskan 20 Ribu Manfaat untuk Masyarakat di Bulan Ramadhan.

Dari total jumlah pengungsi, Meidi menyampaikan, sebanyak 386 kepala keluarga (KK) yang mengungsi dengan jumlah pengungsi dewasa sebanyak 1.058 jiwa, 458 remaja, 323 anak-anak dan balita serta 412 lansia.

"Untuk anak-anak dan balita serta lansia yang berada di pengungsian menjadi prioritas dan kita perhatikan kesehatannya,"ucapnya.

Selain itu, Meidi menyebutkan, seluruh pengungsi yang berada di lima ruangan di SDN 1 Padakati dan SDN Cibenda 1 serta yang berada di aula Desa Cibenda saat ini jumlahnya sebanyak 105 KK, dengan jumlah dewasa sebanyak 159, 45 remaja, 60 anak-anak, 37 balita dan 33 lansia.

"Jadi jumlah total update data pada Senin 1 April 2024 dengan pukul 23:00 malam, berjumlah 439 jiwa yang masih berada di posko pengungsian," katanya. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x