1000 Warga Desa Dukuh Ibun, Kini Sudah Menikmati Air Bersih

- 9 Oktober 2020, 14:54 WIB
Kepala Desa Dukuh Ibun
Kepala Desa Dukuh Ibun /

GALAMEDIA - Sudah banyak program pembangunan yang dilaksanakan Kepala Desa Dukuh Yanto Erwanto beserta jajarannya di Desa Dukuh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Selama dua periode menjabat kepala desa, Yanto sudah merealisasikan keberpihakannya pada masyarakat dalam pengadaan sarana dan prasarana air bersih di RW 02 dan RW 10 desa tersebut.

"Sekitar 1.000 warga di dua RW itu sudah bisa menikmati air bersih yang bersumber dari Cihejo dengan menggunakan pipanisasi sepanjang 5 km. Dalam pengembangan air bersih itu dilengkapi dengan sarana dan prasarana MCK," kata Yanto kepada Galamedia di Ibun, Jumat 9 Oktober 2020.

Ketua Apdesi Kecamatan Ibun initelah membuka akses jalan untuk kegiatan ekonomi dan pendidikan masyarakat. Sepanjang 800 meter dan lebar 2,5 meter, pemerintah desa telah membuat akses Jalan Patireueut di RW 09.

Baca Juga: Karena Ada LDR, Didi Riyadi Serahkan Bantuan APB bagi Tenaga Medis di Tasikmalaya?

"Sebelumnya jalan tanah dan jalan setapak. Kini sudah dicor, dan tahun depan akan ditingkatkan pembangunannya dengan cara dihotmik. Karena tahun ini, anggarannya sudah habis," ungkapnya.

Yanto mengatakan, untuk menindaklanjuti pengembangan kampung duren di Kampung Tiisdingin RW 01 Desa Dukuh, pihaknya sedang merintis pengembangan kawasan wisata agro. Untuk mendukung dalam pengembangannya, kata dia, pihaknya sedang berusaha memperluas kawasan kampung duren pada lahan dua hektare.

"Mengingat, saat ini tanaman duren yang sudah produktif mencapai 55 pohon," katanya.

Baca Juga: Tiga Hari Demo, Polisi Amankan 429 Pendemo yang Mengarah Anarkis, Kebanyakan Mahasiswa dan Pelajar

Untuk pengembangan agro wisata kampung duren itu, ia pun berusaha untuk menata akses jalan ke lokasi dengan cara dicor. Kemudian membangun tembok penahan tebing atau tanah pada kanan kiri jalan, selain dibubuhi berbagai warna supaya lebih terlihat menarik dan indah.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x