KPU Kabupaten Bandung Optimal Sosialisasikan Pilkada 9 Desember Mendatang

- 11 Oktober 2020, 17:03 WIB
KPU Kabupaten Bandung sedang melaksanakan sosialisasi Pilkada Bandung 9 Desember 2020 di Aula Bale Pintar KPU Kabupaten Bandung di Soreang.
KPU Kabupaten Bandung sedang melaksanakan sosialisasi Pilkada Bandung 9 Desember 2020 di Aula Bale Pintar KPU Kabupaten Bandung di Soreang. /Engkos Kosasih/galamedia



GALAMEDIA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mengaku melaksanakan sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung pada 9 Desember 2020.

"Itu berdasarkan pada pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di masing-masing desa dan kelurahan di semua Kabupaten Bandung pada 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 lalu," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten  Bandung H. Supriatna kepada galamedia di Ciparay, Minggu 11 Oktober 2020.

Baca Juga: Gara-gara Covid dan Kekurangan SDM, Jepang Mulai Kembangkan Robot untuk Gantikan Peran Manusia

Menurutnya, pelaksanaan coklit itu dengan cara para petugas PPDP datang langsung ke rumah-rumah warga atau door to door untuk melakukan data pemilih.

"Dalam pelaksanaan coklit itu, petugas PPDP memasang atau menempel stiker di rumah warga sebagai bukti bahwa warga tersebut telah diproses coklit," kata Supriatna.

Menurutnya, selama dalam proses pelaksanaan coklit itu, secara langsung masyarakat pemilih sudah diberi tahu bahwa pada 9 Desember akan dilaksanakan Pilkada Bandung.

Baca Juga: 20 Orang Tewas di Tempat, Bus dan Kereta Bertabrakan di Dekat Bangkok Thailand

"Jadi secara umum KPU melalui petugas PPDP sudah melaksanakan sosialisasi secara masif lebih awal kepada masyarakat, bahwa pada 9  Desember 2020 dilaksanakan pesta demokrasi," ujarnya.

Meski pelaksanaan sosialisasi Pilkada sudah dilaksanakan secara menyeluruh, katanya, yang namanya manusia ada lupa, sehingga harus terus diingatkan.

"Untuk itu, tugas KPU tak henti-hentinya menyosialisasikan kembali dan terus berusaha menyampaikan hari dan tanggal Pilkada Bandung pada Rabu 9 Desember 2020. Bahkan kita juga akan terus menyosialisasi Pilkada melalui tatap muka," tuturnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x