Muhammadiyah Tegaskan Tidak Akan Ikut Kepung Istana Negara

- 12 Oktober 2020, 12:32 WIB
/

 

GALAMEDIA - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhamamdiyah Abdul Mu'ti menegaskan pihaknya tidak turut serta dalam rencana sejumlah organisasi Islam unjuk rasa dengan mengepung Istana Negara pada Selasa 13 Oktober 2020.

"Muhammadiyah tidak ada hubungan dan tidak akan ikut dalam aksi yang akan dilaksanakan oleh sejumlah organisasi Islam pada Selasa besok," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Senin 12 Oktober 2020.

Dikatakannya, Muhammadiyah saat ini lebih fokus pada penanganan Covid-19 dan dampaknya terhadap pendidikan, ekonomi, serta kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Usung Konsep Kustomisasi Program Ini Bisa dengan Leluasa Memilih Desain Alat Rumah Tangga Impian

Dalam situasi sekarang, kata dia, sebaiknya semua pihak bisa menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, termasuk demonstrasi.

"Aksi demonstrasi lebih banyak mudarat daripada manfaatnya. Dalam Islam diajarkan agar meninggalkan perbuatan yang lebih banyak mengandung mudarat dibandingkan manfaat. Dalam hukum Islam hal yang sangat mendesak (aham) harus lebih diprioritaskan di atas hal yang penting (muhim)," kata dia.

Kendati begitu, dia mengatakan Muhammadiyah menghormati masyarakat yang melakukan demonstrasi. Menyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan adalah hak warga negara yang dijamin oleh undang-undang.

Baca Juga: Penyaluran BLT UMKM Belum Merata, para Pengusaha Kecil hanya Bisa Mengeluh

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x