Anggota Marinir Diturunkan Hadang Pendemo, Kelompok Perusuh Kocar-kacir Tinggalkan Patung Kuda

- 20 Oktober 2020, 19:05 WIB
Demo Tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja Berakhir Ricuh
Demo Tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja Berakhir Ricuh /Polda Metro Jaya



GALAMEDIA - Setelah buruh dan mahasiswa membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB, sejumlah kelompok pemuda terus bertahan 'melanjutkan' aksi unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa 20 Oktober 2020.

Kelompok tersebut berupaya memprovokasi polisi hingga melemparinya dengan batu dan botol. Mereka terus mencoba menembus barikade kawat berduri.

Melihat situasi tersebut, aparat keamanan akhirnya menurunkan anggota TNI dari kesatuan Marinir. Melihat anggota TNI yang turun, kelompok tersebut akhirnya mundur.

Sekitar pukul 17.45 WIB, ribuan anggota TNI dengan pakaian anti huru-hara itu langsug keluar dari Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata. Imbauan juga terus diberikan TNI melalui pengeras suara agar massa demonstrasi membubarkan diri.

Baca Juga: Kudapan Seru hingga Solusi Logistik di Merchant ShopeePay Minggu Ini!

Sementara itu, petugas Kepolisian yang sudah menyiagakan mobil water canon pun ditarik mundur. Sementara anggota polisi bersiaga di balik barrier beton dan kawat duri.

Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Wahyu Yudhana sempat meminta massa untuk membubarkan diri. Namun, tak dihiraukan oleh massa.

“Adek-adek, saya hormat kepada kalian. Unjuk rasa sudah selesai, aspirasi kalian akan kami sampaikan,” kata Wahyu.

Baca Juga: Bubarkan Diri, Mahasiswa Bakal Kembali Turun ke Jalan 28 Oktober 2020

Sayangnya, imbauan itu sama sekali tak dihiraukan. Sebaliknya, terlihat sejumlah lemparan botol mineral yang diarahkan kepada barikade polisi.

Menjelang pukul 18.00 WIB, prajurit Marinir akhitnya diturunkan. Berdasarkan pantauan, prajurit-prajurit TNI AL itu bertangan kosong, hanya tameng untuk mengimbau massa menyelesaikan aksinya.

Massa pun terlihat mundur menjauh dari titik Patung Kuda yang terbentang kawat berduri tersebut.

Pedemo yang didominasi oleh pemuda tanggung berpakaian bebas di Patung Kuda Arjuna Wiwaha membukarkan diri dengan pengawalan anggota TNI.

Baca Juga: Polisi Ungkap Telah Ciduk 33 Orang Peserta Demo di Jakarta

Sementara itu, di kejauhan, di Jalan Thamrin depan Bank Indonesia, terlihat bagian dari massa melakukan aksi bakar ban.

Sebagai informasi, hari ini selain di Jakarta, di sejumlah kota di Indonesia, massa kembali turun ke jalan menyuarakan penolakan terhadap Omnibus Law Ciptaker.

Demonstrasi di berbagai kota ini merupakan aksi lanjutan setelah omnibus law UU Ciptaker disepakati jadi undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR pada 5 Oktober lalu.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x